Ini Lho Pentingnya Buah dan Sayuran

Ini Lho Pentingnya Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber makanan alami yang bagus bagi seluruh anggota keluarga untuk memperoleh asupan vitamin dan mineral yang penting dalam memelihara kesehatan tubuh. Selain mengandung antioksidan sebagai pencegah kanker, buah dan sayuran punya kandungan lain yang tak kalah penting, yakni serat. Konsultan lambung dan pencernaan dari Universitas Indonesia, Dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., mengatakan ada 3 manfaat serat dari buah dan sayuran yang Anda konsumsi.

Yang pertama, serat dari buah dan sayuran membuat perut terasa penuh sehingga Anda akan merasa kenyang lebih cepat. Ini akan menghindarkan Anda dari makan berlebihan untuk mengurangi berbagai risiko seperti asam lambung maupun asam urat.

Manfaat serat dari buah dan sayuran lainnya adalah menahan penyerapan kolesterol yang terkandung di dalam daging. Sehingga ketika buah dan sayuran mendampingi Anda saat makan daging kambing maupun sapi, kolesterol akan susah diserap oleh tubuh.

Serat dalam buah dan sayuran juga dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar. Di dalam saluran pencernaan, serat yang tidak dapat dicerna tersebut berfungsi sebagai pengembang massa sehingga terasa penuh. Sensasi perut terasa penuh akan merangsang gerak peristaltik usus, sehingga pengeluaran kotoran berlangsung lebih lancar.

Selain itu, mengonsumsi cukup buah dan sayuran dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi karena buah dan sayuran juga banyak mengandung air. Masukkan buah dan sayuran dalam menu harian Anda sekarang yuk!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.