Kaldu Homemade

Kaldu Homemade

Ingin membuat stok kaldu agar saat memasak tak perlu lagi repot membuat kaldu yang memakan waktu lama? Buat saja kaldu dalam jumlah banyak, kemudian masukkan dalam plastik dan simpan dalam freezer. Sesuaikan ukuran plastiknya dengan kebiasaan Anda memasak agar satu kantung kaldu beku pas untuk satu kali memasak. Memasak kaldu yang gurih memang harus lama, sekitar 1-3 jam, tergantung jumlah kaldu yang dibuat.  

Kaldu Ayam
Bagian yang biasa digunakan adalah bagian punggung, paha, atau kaki ayam. Punggung ayam akan menghasilkan kaldu dengan cita rasa yang lebih pekat. Bisa tambahkan potongan bombay, wortel, dan sedikit merica butiran untuk menutupi rasa amis dan menyumbang rasa manis pada kaldu. 

Kaldu Sapi
Biasanya yang digunakan adalah bagian tulang kaki atau tulang iga sapi. Cita rasa kaldu sapi pekat dan gurih. Bagian tulang sapi akan mengeluarkan sumsum yang menjadi rahasia kelezatan kaldu dari tulang sapi. 

Kaldu Udang
Saat membersihkan udang, jangan buang kulit dan kepalanya karena bagian ini bermanfaat untuk membuat kaldu udang. Cuci bersih kulit dan kepala udang, sangrai dengan api sedang (jaga jangan sampai gosong) hingga kulit berubah warna dan airnya kering. Tujuannya agar kaldu yang dihasilkan tidak terlalu amis. Baru kemudian rebus  bersama sedikit jahe, merica, dan daun bawang.

Kaldu Jamur
Kaldu jamur memiliki cita rasa yang lebih ringan, tetapi tetap gurih dan lezat. Jamur yang biasa digunakan adalah jamur shiitake. Tetapi jika menginginkan aroma yang lebih kaya, bisa dicampurkan dengan jamur merang dan jamur kancing (champignon). Potong-potong jamur segar, kemudian tumis bersama sedikit minyak dan bawang bombay hingga bombay harum dan layu, baru tambahkan air dan rebus hingga kaldunya keluar. 

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.