Kenali Bumbu Dapur Khas Nusantara

Kenali Bumbu Dapur Khas Nusantara

Seperti halnya sajian yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara, masakan Indonesia juga terkenal lezat karena perpaduan rempah-rempah dan bumbu dapur yang sempurna. Tidak heran jika sajian khas Nusantara ini kian digemari banyak orang dari berbagai negara. Sebut saja rendang yang sempat dinobatkan sebagai hidangan terlezat di dunia versi CNN International. Agar makin cinta pada masakan negeri sendiri, kenali dulu bumbu-bumbu dapur berikut ini.

 

Bawang Merah

Hampir semua masakan Nusantaramembutuhkan bawang merah sebagai bumbu dasar. Cita rasanya yang gurih juga memberikan aroma harum pada sajian khas Indonesia. Pemakaiannya pun sangat beragam. Mulai dari diiris tipis untuk ditumis, ditumbuk halus untuk bumbu makanan berkuah maupun sambal, digoreng kering sebagai taburan, diacar, atau disajikan dalam bentuk potongan segar bersama cabai rawit.

 

Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih juga menjadi bumbu yang paling sering digunakan dalam masakan Nusantara. Aromanya yang kuat dan khas mampu membuat cita rasa makanan jadi makin lezat. Untuk menghasilkan aroma terbaik, tumis bawang putih yang sudah dicincang atau dihaluskan dengan minyak panas hingga tercium aroma harum. Namun, jaga jangan sampai  gosong, karena akan muncul rasa pahit.

 

Cabai

Bumbu dapur yang satu ini sering hadir dalam masakan Indonesia, karena memberikan rasa pedas menggigit dan mendongkrak selera makan. Jenis cabai yang lazim dipakai yaitu cabai merah besar dan cabai rawit. Untuk membuat warna masakan lebih menarik, gunakan cabai merah besar, sedangkan untuk menambah rasa pedas cukup tambahkan cabai rawit.

Penggunaannya pun beragam, mulai dari dikonsumsi dalam bentuk segar, kering, diolah menjadi acar, bahkan ada produk terbaru berupa cabai yang dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi abon cabai. Cara terakhir ini membuat bumbu ini memiliki masa simpan yang cukup lama dibanding cabai segar.

 

Merica

Merica atau lada memiliki karakteristik sedikit pedas dan hangat. Ada dua jenis merica yang banyak digunakan di dapur, yaitu merica putih dan merica hitam yang dibedakan berdasarkan proses pembuatannya. Sediakan selalu dalam bentuk butiran atau bubuk untuk memperkaya rasa hidangan berkuah, seperti sup, soto, dan gulai.

 

Jahe

Selain dikenal sebagai salah satu bahan minuman hangat, jahe juga banyak digunakan pada berbagai kuliner Indonesia. Mulai dari masakan yang ditumis hingga yang berkuah. Dalam masakan, biasanya jahe dicincang, dipotong tipis atau dimemarkan.

 

Ada cukup banyak bumbu dapur yang melezatkan aneka sajian khas Nusantara. Yuk ikut melestarikan kekayaan budaya dengan menikmati dan memasak kuliner Indonesia.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.