Kenali Jenis-jenis Keju dan Kegunaannya

Kenali Jenis-jenis Keju dan Kegunaannya

Asin, gurih, dan creamy. Itulah 3 kata yang tepat untuk menggambarkan bahan masakan yang satu ini. Bisa dibilang, keju telah menjadi primadona dalam setiap masakan karena kehadirannya selalu memberikan cita rasa yang khas. Dan, ternyata keju itu ada bermacam jenis lho! Di dunia ini, setidaknya ada 13 jenis keju dengan aneka rasa yang beragam. Ada yang mudah meleleh, keras, hingga yang mudah hancur. Anyway, Anda pasti penasaran ‘kan, apa saja jenis-jenis keju tadi? Cari tahu sama-sama yuk!

Chevre
Keju ini berasal dari Perancis. Keju chevre terbuat dari susu kambing yang difermentasikan selama berhari-hari. Rasanya yang sedikit asam membuat orang Perancis suka sekali mencampurkan keju ini dalam masakan sehari-hari seperti mac and chese, crumbled salad, atau isian sandwich.

Mozzarella
Siapa sih yang tidak mengenal jenis keju yang satu ini? Rasanya yang gurih dan gampang meleleh ini membuat mozzarella banyak digunakan sebagai topping pizza. Keju ini pertama kali dibuat di Italia dengan bahan baku susu sapi atau kerbau. Keduanya diolah dalam air panas dan difermentasikan selama berminggu-minggu untuk menciptakan rasa yang kaya.

Gouda
Belanda memang tidak terkenal sebagai negeri penghasil keju terbesar. Tapi negara ini memiliki salah satu keju paling lezat di dunia. Keju gouda, terbuat dari susu sapi yang difermantasikan selama 4 minggu hingga satu tahun untuk menciptakan cita rasa yang super creamy. Namun, di balik teksturnya yang renyah, keju jenis ini gampang banget melted ketika bersentuhan dengan panas, seperti keju mozarella. Tak heran kalau orang Belanda suka sekali mengolah gouda menjadi topping salad atau kaserol.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis keju yang menarik. Apakah Anda pernah mencoba salah satu keju tersebut?

Sumber:
http://www.seriouseats.com/2011/10/13-cheeses-everyone-should-know.html

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.