Kupas Nutrisi Brussels Sprout

Kupas Nutrisi Brussels Sprout

Ada yang belum tahu apa itu brussels sprout? Ini adalah sayuran yang mirip kubis atau kol dalam bentuk mini. Sayuran ini masih termasuk dalam keluarga brokoli, kembang kol, kailan, dan juga kubis. Meski bentuknya mini, namun brussels sprout mengandung banyak nutrisi. Apa sajakah itu?

Vitamin C
Fungsi dari vitamin C adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi brussels sprout ini, tubuh akan mampu melawan hormon stress (kortisol), flu, dan juga radikal bebas. Bagi wanita, vitamin C juga berperan sebagai kolagen yang mempertahankan kulit tetap kencang.

Vitamin K
Nutrisi ini memiliki peranan untuk kesehatan tulang. Dengan mendapatkan vitamin K dalam brussels sprout, maka tulang tetap kuat dan terhindar dari osteoporosis. Konsumsi 1 mangkuk brussels sprout akan memberikan asupan 156mikrogram vitamin K. Tidak hanya tulang saja yang sehat, namun saraf juga. Dengan demikian, tubuh akan dijauhkan dari ancaman alzheimer.

Vitamin A
Mata pun akan terjaga kesehatannya dengan mengonsumsi brussels sprout. Dengan kandungan 754 IU setiap 100 gr brussels sprout, selaput lendir pada mata akan mendapatkan asupan untuk menjaga ketajaman penglihatan. Vitamin A akan membantu retina mendeteksi warna dan cahaya, utamanya pada malam hari.

Melindungi dari kanker
Selain serat pada brussels sprout dapat menurunkan kadar kolestrol, resiko jantung dan stroke, sayuran ini juga dapat menghancurkan sel kanker. Kandungan sinigrin-nya ampuh menyehatkan usus dan pencernaan.

Ternyata, di balik sayuran yang mungil ini tersimpan manfaat yang luar biasa, ya. Semakin rutin makan sayuran, maka akan semakin tercukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri!

Source:

http://www.livestrong.com/article/512313-why-are-brussels-sprouts-nutritious/

http://www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/3-reasons-you-should-be-eating-brussel-sprouts.html

http://www.nutrition-and-you.com/brussel-sprouts.html

 

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.