Memasak Cara Pintar, Lebih Hemat dan Praktis

Memasak Cara Pintar, Lebih Hemat dan Praktis

Tidak semua orang menikmati kesibukan memasak di dapur. Malah sering dianggap menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan uang. Padahal kegiatan ini justru dapat menghemat bujet belanja, sekaligus menjaga pola makan yang berdampak pada kesehatan tubuh. Yuk, singsingkan lengan baju dan gunakan beberapa cara memasak pintar, hemat, dan praktis ini!

Memisahkan Kuning telur

Saat membuat kue, ada beberapa resep yang perlu memisahkan kuning dan putih telur. Hal ini sering dianggap merepotkan, karena membutuhkan ketelatenan, bahkan alat khusus. Coba gunakan telapak tangan untuk memisahkan kuning dari putih telur.

Jika yang dipakai hanya kuning telurnya saja, jangan buang putihnya. Ada banyak cara untuk memanfaatkan sisa putih telur. Gunakan untuk membuat pancake rendah kolesterol, pakai untuk melekatkan tepung roti pada nugget buatan sendiri, atau mencampurkannya ke dalam sup.

Membuat Kaldu

Daripada menggunakan kaldu bubuk, lebih baik sediakan kaldu buatan sendiri. Tidak hanya terbuat dari ayam, kaldu juga bisa berbahan ikan, daging sapi, bahkan sayuran. Buat kaldu dalam jumlah besar, lalu kemas dalam kantung plastik kecil, dan bekukan. Kaldu ini dapat bertahan hingga sebulan lebih. Saat akan digunakan, pindahkan kaldu beku ke kulkas bagian chiller agar mencair dan lebih siap pakai.

Memotong Bawang Bombai

Memotong bawang bombai seringkali membuat siapa pun menangis di dapur. Untuk mengurangi keluarnya air mata, masukkan bawang bombai ke dalam kulkas selama 30 menit sebelum dimasak. Potong bagian pucuk, kupas kulitnya, namun biarkan akarnya.

Tidak hanya membuat mata pedas, bawang bombai juga punya aroma yang melekat di tangan. Jika sabun kurang ampuh menghilangkan bau bawang bombay, gosokkan bagian tangan ke alat dapur berbahan stainless steel seperti sendok makan atau bak cuci piring. Kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang akan bereaksi dengan chromium dari stainless steel sehingga dapat menetralisir bau bawang di tangan. Setelah hilang, cuci tangan dengan sabun seperti biasa.

Sedangkan untuk mengusir aroma bawang bombai yang menempel pada talenan, gosok dengan jeruk nipis atau lemon irisan dan sedikit garam. Bilas dengan air hingga bersih.

Merebus Pasta

Pasta merupakan menu yang mudah dimasak dan dapat disajikan dengan berbagai saus. Saat merebus pasta, gunakan panci stainless steel berukuran lebar dan isi denganair cukup banyak agar pasta matang sempurna. Taburi dengan garam, lalu tutup panci. Cara ini akan mempercepat proses perebusan air. Air yang asin akan membuat air lebih cepat mendidih dan memberikan rasa pada pasta.

Gunakan beberapa tips ini agar memasak tidak lagi lama, sulit, dan ribet. Happy cooking!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.