Memilih Camilan Bergizi untuk Bekal Mudik Lebaran

Memilih Camilan Bergizi untuk Bekal Mudik Lebaran

Waktunya mudik nih! Selain mempersiapkan koper dan oleh-oleh buat para keluarga di kampung halaman, membawa camilan untuk bekal mudik juga tidak boleh dilupakan, apalagi jika harus menempuh perjalanan yang cukup lama. Ada beberapa kudapan bergizi yang bisa dibawa untuk mengisi perut, seperti berikut ini.

Buah-buahan

Membawa buah-buahan sebagai kudapan yang bergizi tidak hanya membuat tubuh terasa segar, tapi juga ikut membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Pilih jenis buah-buahan yang tahan lama, namun tetap mengutamakan kepraktisan dalam memakannya, seperti jeruk, anggur, apel, dan pisang.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan maupun biji-bijian yang tinggi asam lemak tak jenuh menjadikannya sebagai kudapan sehat selama perjalanan mudik. Selain praktis, kandungannya yang kaya serat dan protein membuat perut terasa lebih cepat penuh. Bawa mixed nuts atau biji bunga matahari yang sudah dikemas atau tempatkan dalam wadah kecil bertutup yang bisa diselipkan di dalam tas.

Sandwich

Menempuh perjalanan mudik yang cukup jauh dapat membuat perut keroncongan. Persiapkan sandwich sehat, yang terbuat dari roti gandum, sayuran, keju, daging ayam panggang, dan saus tomat buatan sendiri. Kemas di dalam kotak makan yang mudah dibawa kemana-mana. Selain praktis, kudapan bergizi ini juga lebih sehat dan hemat, ketimbang membeli makanan di tempat perhentian.

Muffin

Harus berangkat pagi-pagi buta supaya tidak terjebak kemacetan? Bungkus beberapa buah muffin buatan sendiri, yang dapat berfungsi sebagai sarapan sekaligus camilan bergizi tinggi. Tak butuh waktu lama dalam membuat muffin. Kreasikan dengan bermacam rasa, seperti coklat, keju, berisi kismis, hingga yang gurih dengan taburan daun bawang. Sedap!

Jangan Lupa Membawa Minuman

Menempuh perjalanan yang cukup lama dapat membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi.  Apalagi jika cukup lama terkena pendingin udara atau berada di bawah sinar matahari yang cukup menyengat. Siapkan selalu air minum dalam kemasan untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Selain air putih, beberapa alternatif yang bisa disiapkan adalah jus buah dan air kelapa yang menyegarkan. Hindari mengonsumsi minuman berkafein dan bersoda, yang justru mempercepat hilangnya cairan dalam tubuh dan rentan menyebabkan perut kembung.

Siapkan beberapa kudapan bergizi ini sebagai bekal selama menempuh perjalanan mudik. Have a save trip!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.