Memilih Makanan Bergizi untuk Ramadhan Si Kecil

Memilih Makanan Bergizi untuk Ramadhan Si Kecil

Bulan puasa menjadi momen penting yang disambut meriah oleh umat muslim. Bukan saja orang dewasa, bahkan anak-anak pun begitu antusias untuk ikut belajar berpuasa. Sebagai orang tua, sudah semestinya memberikan dukungan agar si kecil bisa kuat menjalani puasa. Terlebih jika Ramadhan kali adalah puasa pertamanya. Pastikan selalu menyediakan beragam makanan bergizi untuk hidangan Ramadhan si kecil.

Gandum (Oatmeal)

Gandum boleh dijadikan pengganti nasi untuk si kecil selama berpuasa. Menurut Mary L. Gavin, MD, ahli gizi anak,  gandum kaya serat dan bergizi untuk si kecil. Di dalam tubuh, fungsi serat dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi, sehingga dapat membuat si kecil tak mudah merasa lapar saat berpuasa.

Telur

Selain digemari oleh anak-anak karena rasanya yang gurih, telur kaya zat gizi yang penting untuk proses tumbuh kembang si kecil. Telur mengandung vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, folat, biotin, dan kolin hingga beragam mineral esensial seperti fosfor dan kalsium. Khusus untuk kolin, zat ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak sang buah hati.

Ikan

Ikan dikenal sebagai salah satu sumber zat gizi terbaik. Di dalam situs web Seafood Health Facts dijelaskan bahwa ikan mengandung protein, vitamin D, kalsium, dan juga asam lemak omega-3. Beberapa jenis ikan bergizi yang layak dipilih, di antaranya ialah ikan salmon, tuna, dan lele.

Sayuran

Bahan makanan bergizi berikutnya yang perlu diberikan kepada si kecil saat Ramadhan adalah sayuran. British Nutrition Foundation menjabarkan bila vitamin dan mineral esensial dalam sayuran punya manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Sajikan segala jenis sayuran beraneka rupa dan warna, seperti tomat, lobak, paprika, bunga kol, wortel, bayam, selada, buncis dan lainnya, agar si kecil dapat memperoleh manfaat yang optimal.

Buah-buahan

Sumber vitamin dan mineral esensial terbaik lainnya adalah buah-buahan. Buah-buahan juga mengandung senyawa penting. Misalnya, zat antioksidan yang bermanfaat menjaga daya tahan tubuh. Sajikan beragam buah, terutama yang kaya air, seperti semangka, melon, nanas, jeruk, anggur, pir, agar dapat menghidrasi tubuh si kecil selama berpuasa.

Hadirkan bahan makanan bergizi dalam menu puasa guna membantu si kecil tetap sehat dan aktif selama bulan Ramadhan.

 

Sumber:

http://www.eggnutritioncenter.org/egg-101/

https://www.egginfo.co.uk/egg-nutrition

http://www.seafoodhealthfacts.org/seafood-nutrition/healthcare-professionals/seafood-nutrition-overview

http://www.seafoodhealthfacts.org/seafood-nutrition/healthcare-professionals/fish-and-shellfish-nutrient-composition

http://www.fda.gov/Food/IngredientsPackagingLabeling/LabelingNutrition/ucm063367.htm

https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/healthyeating/fruit-and-vegetables.html

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.