Mengenal Macam-Macam Buah Beri Untuk Menu Masakan

Mengenal Macam-Macam Buah Beri Untuk Menu Masakan

Dimakan langsung saja sudah nikmat, apalagi diolah menjadi beragam sajian. Buah beri memang menjadi salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi maupun dijadikan beraneka macam sajian. Selain rasanya yang enak, buah ini juga bermacam-macam jenisnya. Sebut saja, stroberi, blackberry, raspberry dan blueberry. Kebanyakan diolah menjadi minuman. Namun, tahukah Anda bila buah berri juga bisa dijadikan beragam menu masakan?

Strawberry

Dari semua jenis berri, stawberry merupakan yang paling populer. Secara ukuran lebih besar, dari buah berri lainnya. Karena rasanya yang manis, strawberry lebih banyak dimanfaatkan sebagai hidangan penutup. Misalnya dijadikan saus untuk aneka kue, es krim maupun makanan pencuci mulut lainnya.

Raspberry

Memiliki ukuran lebih kecil dari strawberry, raspberry justru mengandung banyak cairan. Dari segi rasa, raspberry agak berasa asam. Hal itulah yang membuat buah berri yang satu ini dimanfaatkan dalam berbagai sajian utama. Beberapa di antaranya dengan menjadikan raspberry sebagai saus untuk hidangan bebek. Di samping membuat sajian lebih enak, penggunaan raspberry juga bisa menghilangkan bau anyir sekaligus membuat daging bebek menjadi lebih empuk.

Blueberry

Bentuknya tidak serupa raspberry apalagi strawberry. Blueberry justru serupa dengan buah anggur. Meski begitu, buah berri ini memiliki rasa manis, sehingga lebih banyak dimanfaatkan dalam sajian penutup. Namun, juga tidak sedikit yang memanfaatkannya sebagai hidangan utama. Misalnya saja, mencampur blueberry ke dalam oatmeal untuk sarapan.

Blackberry

Sementara jenis buah berri yang ini memiliki rasa yang agak asam layaknya raspberry. Karena alasan itulah, blackberry juga dimanfaatkan dalam hidangan utama. Beberapa orang memanfaatkannya sebagai saus untuk hidangan iga. Selain itu, merebus iga dengan blackberry juga dapat membuat daging iga lebih empuk.

Dari beberapa jenis buah berri ini, manakah yang ingin segera Anda manfaatkan ke dalam masakan? Selamat berkreasi di dapur ya. (kpl/it)

Sumber:

http://www.epicurious.com/archive/seasonalcooking/summer/cooknow_berries

http://www.cookinglight.com/food/recipe-finder/berry-recipes/pickled-onion-blue-cheese-berry-salad_2

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.