Mengenal Soto Khas Nusantara

Mengenal Soto Khas Nusantara

Soto merupakan salah satu sajian favorit banyak orang, khususnya di musim penghujan. Menyeruput kuahnya yang gurih dan panas adalah obat mujarab penghalau udara dingin. Ada banyak jenis soto di bumi Nusantara kita, manakah yang jadi favorit Masaklover?

 

Soto Lamongan

Ciri dari soto khas dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, ini adalah adanya taburan koyah/poya yang membuat kuah soto terasa lebih gurih dan agak mengental. Koyah adalah kerupuk udang yang dihaluskan bersama bawang putih goreng. Kuah soto ini berwarna kuning, berisi suwiran daging ayam, kol dan bihun/soun.

 

Soto Padang

Soto daging dari Sumatra Barat ini dagingnya digoreng garing seperti dendeng. Disantap bersama perkedel kentang, soun dan kerupuk merah. Kuahnya bening, gurih dan kaya rempah karena menggunakan cukup banyak jenis rempah dalam racikannya, mulai dari merica, pala, kapulaga, hingga cengkeh.

 

Soto Kudus

Soto berkuah bening asal Kudus, Jawa Tengah, ini berisi suwiran ayam dan taoge. Pelengkapnya sangat beragam, mulai dari perkedel kentang, sate telur puyuh, hingga paru goreng basah.

 

Soto Bandung

Sajian ini isinya minimalis, hanya potongan daging dan irisan lobak bertabur kacang kedelai goreng. Meski begitu, cita rasanya tidak sesederhana bumbu dan penampilannya. Kuah soto yang bening ini terasa gurih dan mantap, apalagi saat berpadu dengan perasan air jeruk nipis.

 

Soto Sokaraja

Disebut juga Sroto. Berasal dari daerah Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Yang membuatnya unik adalah sambal soto yang bukan sambal rawit seperti biasa, melainkan sambal kacang. Biasa disantap bersama tempe mendoan sebagai makanan pendamping. Kuah soto ini bening dan segar.

 

Soto Banjar

Soto ayam asli Kalimantan Selatan ini menggunakan susu dalam racikannya sehingga warna kuah jadi keputihan dan cita rasanya gurih. Bahan isiannya mirip soto pada umumnya, yaitu soun, perkedel dan telur rebus. Disantap bersama ketupat atau lontong.

 

Soto Betawi

Soto santan ini rasanya gurih dan berempah. Ada juga resep yang menggunakan campuran susu dalam racikan kuahnya. Warna kuahnya ada yang putih kekuningan, ada juga yang putih kemerahan. Masyarakat Betawi yang berada di pinggiran biasanya membuat soto Betawinya berkuah kemerahan. Tapi keduanya sama lezatnya. Berisi potongan kentang, tomat dan daging. Teman santap yang tidak boleh ketinggalan adalah emping dan acar. Tanpa itu, cita rasa soto Betawi akan terasa kurang mantap.

 

Soto Mi 

Soto ini berisi mi kuning, daging, potongan tomat, kol dan risol goreng. Kuahnya bening dan segar. Paduannya adalah kucuran air jeruk limau.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.