Mengulik Sehatnya Yogurt untuk Jantung

Mengulik Sehatnya Yogurt untuk Jantung

Setiap kali memilih kombinasi buah yang enak dan bergizi, yogurt selalu menjadi pilihan. Bukan tanpa alasan, cara penyajian yang mudah menjadi alasan utamanya. Tinggal dicampurkan dengan buah-buahan segar, praktis sajian yogurt nikmat bisa disajikan. Sebagian orang mungkin hanya mengetahui yogurt sebatas pelengkap hidangan sehat agar lebih nikmat disantap. Padahal, lebih dari itu, yogurt menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan jantung.

Di balik teksturnya yang lembut, yogurt ternyata dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Alvaro Alonso, MD, PhD, peneliti dari Harvard School of Public Health, menjelaskan mengonsumsi yogurt dua kali sehari dapat meminimalkan risiko tekanan darah tinggi hingga 50%. Hal ini tentunya sangat bermanfaat, karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terjadinya serangan jantung.

Lantas, apakah manfaatnya hanya untuk kesehatan jantung? Tentu saja tidak. Manfaat lain dari yogurt, bisa disimak sebagai berikut.

Mencegah Osteoporosis

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, yogurt merupakan salah satu sumber kalsium dan protein terbaik. Pakar kesehatan tulang dari New York’s Helen Hayes Hospital, Jeri Nieves, PhD, MS, menjelaskan kombinasi kalsium dan vitamin D yang ada dalam yogurt, dapat membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Jika manfaat ini bisa diserap secara maksimal dan berkelanjutan, maka bisa menghindarkan tubuh dari risiko osteoporosis.

Melancarkan Proses Pencernaan

Oleh karena dibuat melalui proses fermentasi, yogurt mengandung beberapa mikroba bermanfaat atau probiotik. Menurut peneliti dari Department of Agriculture Human Nutrition Research Center, Tufts University Amerika Serikat, Jean Mayer, probiotik yang ada dalam yogurt bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Kehadiran probiotik ini juga berguna untuk mencegah terjadinya diare akibat gangguan mikroba berbahaya.

Meningkatkan Sistem Imun

Kesehatan jantung juga perlu ditunjang dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. Peran probiotik yang tersimpan dalam yogurt bukan saja fokus untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Lebih dari itu, Jean Mayer menyebutkan beberapa mikroba bermanfaat mampu membentuk mikroflora di dalam usus halus. Hasil pembentukan mikroflora tersebut dapat menjaga kesehatan usus halus, yang tak lain salah satu pusat imunitas dalam tubuh.

Maka dari itu, jangan pernah ragu apalagi bosan mengonsumsi yogurt setiap hari ya. (kpl/it)

 

Sumber:

http://www.webmd.com/food-recipes/benefits-yogurt?page=2

http://www.healthyeating.org/Healthy-Eating/All-Star-Foods/Milk-Dairy/Article-Viewer/Article/85/health-benefits-of-yogurt.aspx

http://www.health.com/health/gallery/0,,20532821,00.html

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.