Merawat dan Membersihkan Kulkas

Merawat dan Membersihkan Kulkas

Siapapun pasti setuju kalau kulkas alias lemari pendingin punya peranan sangat penting dalam kehidupan. Mulai dari menyimpan bahan-bahan segar hasil belanja di pasar, seperti sayur, buah dan daging-dagingan agar awet hingga saat akan dikonsumsi. Menyimpan frozen food seperti nugget dan sosis untuk sarapan pagi, membuat es batu untuk menemani es kopi favorit, hingga menyimpan makanan yang tak langsung habis dimakan. Kulkas bagai "kotak pengawet" yang selalu siap menyelamatkan bahan makanan dan makanan dari kerusakan. Agar kulkas tetap dapat memainkan peranan pentingnya, kita harus menjaga dan merawat kulkas dengan baik. Yuk simak poin-poin berikut agar kulkasmu tetap awet terjaga

  1.  Simpan Sisa Makanan dalam Wadah Tertutup
    Jika tidak ditutup, aroma makanan akan menyebar dan terserap oleh makanan lain, serta akan beresiko tumpah dan mengotori kulkas Anda. Selain itu, makanan yang disimpan di kulkas tanpa tutup akan menjadi kering. Jika tidak ada wadah tertutup, tutup dengan plastik lengket.
  2. Letakkan Makanan pada Tempat yang Tepat
    Tiap rak pada kulkas sudah didesain khusus agar optimal dalam ‘mengawetkan’ bahan makanan. Misalnya, sayuran harus diletakkan dalam laci sayuran karena sudah dirancang dengan suhu sekitar 70C yang sesuai untuk menyimpan sayuran. Sedangkan rak-rak pada kulkas suhunya sekitar 3-50C. Daging-daging segar (daging sapi, ayam atau ikan) harus disimpan di bagian freezer yang suhunya bisa mencapai -180C.
  3. Selalu Bersihkan Kulkas dengna Teratur dan Benar
    Minimal satu bulan sekali, berikut cara membersihkan kulkas:
    • Cabut stop kontak kulkas agar lebih hemat selama membersihkan kulkas.
    • Keluarkan semua isi kulkas agar lebih leluasa dan makanan tidak ada yang terkena air pembersih atau kotoran. Anda bisa sekalian memilah isi kulkas sambil mengecek bahan yang sudah kedaluwarsa 
    • Buka rak dan kompartemen pada pintu kulkas
    • Gunakan spons lembut dan bersih yang sudah diberi sabun pencuci piring, gosok bagian-bagian yang kotor, termasuk pada pintu kulkas. Jika perlu gunakan sikat gigi untuk membersihkan noda yang menempel.
    • Bilas dengan lap basah dan keringkan bagian dalam kulkas.
    • Cuci bersih juga rak-rak dan kompartemen yang dikeluarkan tadi dengan menggunakan sabun pencuci piring, kemudian keringkan.
    • Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar kulkas dengan cairan pembersih khusus
  4. Membersihkan Freezer
    Freezer juga harus rutin dibersihkan, caranya sama dengan cara membersihkan bagian chiller kulkas. Bunga es yang memenuhi freezer biasanya terjadi pada kulkas 1 pintu karena terlalu sering dibuka tutup. Pada kulkas 2 pintu biasanya sudah ada sistem defrost otomatis. Jadi jika kulkas 2 pintu Anda masih memiliki bunga es, kemungkinan ada bangian kulkas yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 
  5. Hilangkan Bau Membandel
    Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menyerap dan menghilangkan bau pada kulkas, antara lain:
    • Soda kue, masukkan dalam mangkuk kecil, letakkan di sudut kulkas bagian dalam
    • Bubuk kopi, letakkan dalam mangkuk kecil dan simpan di sudut kulkas bagian dalam
    • Air jeruk lemon, masukkan ke dalam mangkuk kecil, simpan di sudut kulkas bagian dalam.
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.