Merawat Perlengkapan Memasak Berbahan Stainless Steel

Merawat Perlengkapan Memasak Berbahan Stainless Steel

Sebal saat mendapati peralatan memasak berbahan stainless steel bernoda atau malah berkarat? Padahal, alat dapur yang terbuat dari baja anti karat ini harganya tergolong mahal. Sebelum membuangnya, cobalah gunakan beberapa tips berikut ini untuk membersihkan dan merawat panci atau wajan stainless steel.

Mencegah Makanan Menempel

Karena tidak memiliki lapisan anti lengket, bahan makanan mudah lengket di bagian dasar atau samping alat masak berbahan stainless steel. Trik untuk mencegahnya adalah dengan memanaskan wajan sampai panas, lalu masukkan minyak goreng, baru kemudian masukkan makanan. Cara ini membuat struktur baja menjadi statis, sehingga membentuk lapisan anti lengket sementara.

Bahan Makanan Gosong dan Menempel

Tanpa disadari terkadang saat memasak membiarkan panci stainless steel terlalu lama di atas kompor. Akibatnya, makanan menjadi gosong dan sulit dibersihkan. Untuk membersihkannya, hanya gunakan pembersih non-abrasif dan spons lembut agar tidak menggores permukaan baja.

Jika noda masih membandel, isi panci atau wajan dengan air sabun, lalu didihkan dan kikis sedikit demi sedikit. Setelah dingin, sisa makanan biasanya akan lepas dari panci dan membuatnya lebih mudah dibersihkan.

Noda Titik-Titik Putih

Panci stainless steel kesayangan dihiasi titik-titik putih kecil? Inilah yang disebut dengan ‘pits’ yang terjadi akibat reaksi klorida dalam garam, oksigen dalam air, dan kromium dalam stainless steel. Walau tidak mengganggu kinerjanya, tapi cukup mengurangi tampilan panci.

Untuk menghindari timbulnya noda berupa bercak putih ini, biarkan air atau kaldu di dalam peralatan memasak mendidih dulu, sebelum memasukkan garam. Pada suhu tersebut, tidak ada cukup oksigen di dalam air untuk menyebabkan noda tersebut.

Perubahan Warna

Noda dengan rona pelangi yang sulit dibersihkan ini seakan terserap pada permukaan alat masak berbahan stainless steel. Ini disebabkan karena penggunaann piranti masak stainless steel di atas panas yang terlalu tinggi atau dalam waktu lama. Untuk menghilangkannya, gunakan pembersih khusus stainless steel yang berbahan non-abrasif. Tapi jika tidak ada, cobalah memasak makanan berasam tinggi seperti saus tomat, atau mencuci panci dengan cuka juga dapat membantu menghapusnya.

Bintik Air

Bintik-bintik air yang muncul pada alat dapur berbahan stainless steel memang mengurangi penampilannya yang cantik. Untuk menghapusnya, rendam permukaan panci, lalu gosok permukaannya dengan spons basah yang sebelumnya sudah ditaburi soda kue. Bilas hingga bersih, lalu keringkan dengan kain lap lembut, bersih, dan kering.

Tidak sulit kan merawat peralatan memasak berbahan stainless steel? Apalagi dengan menggunakan tips-tips mudah ini. Segera coba dan buktikan hasilnya!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.