Nutrisi Penting Yang Wajib Ada di Sarapan Si Kecil

Nutrisi Penting Yang Wajib Ada di Sarapan Si Kecil

Pagi-pagi paling enak memang sarapan yang hangat, namun juga tidak terlalu berat. Mood yang belum sepenuhnya terkumpul kadang membuat kegiatan sarapan tidak selahap makan siang. Maka dari itu, perlu dipancing dengan sajian yang benar-benar dapat menggugah selera makan. Selain rasa, hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam hidangan sarapan adalah nutrisi. Apalagi menurut Mary L. Gavin, MD, ahli kesehatan dari Kids Health Organization, sarapan yang bergizi diperlukan untuk menunjang proses tumbuh kembang si kecil.

Supaya kebutuhan nutrisi terpenuhi, simak beberapa sajian bergizi yang bisa dihidangkan untuk sarapan si kecil berikut ini.

Sereal Hangat

Selain mudah disajikan, sereal hangat memiliki tekstur yang lembut, tidak begitu berat dan disukai oleh anak-anak. Anda bisa memilih sereal berjenis oatmeal. Sajikan sereal hangat dengan irisan pisang atau stroberi. Kombinasi vitamin pada buah-buahan dan serat pada sereal dapat membuatnya kenyang hingga jam makan siang tiba.

Sereal Dingin

Kadang si kecil mudah bosan dengan hidangan sarapan yang sama. Untuk mengakalinya, sajikan sereal dingin. Pilihlah sereal yang bisa langsung disajikan, seperti whole-grain. Campur dengan susu dan sajikan di waktu sarapan. Karbohidrat dalam sereal akan membantu proses pembentukan energi, sementara susu mengandung protein dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulangnya.

Sandwich

Sajian lain yang mudah dihidangkan saat sarapan adalah sandwich. Pilih roti gandum yang lebih berserat, lapisi dengan irisan daging atau telur mata sapi sebagai sumber protein, serta irisan tomat dan selada sebagai sumber vitamin. Agar rasanya lebih nikmat, kombinasikan dengan irisan keju cheddar, tambahan saus tomat atau mayones.

Bubur Ayam

Hidangan satu ini termasuk salah satu yang cukup familiar di Indonesia. Di samping teksturnya yang lembut, bubur ayam juga memiliki rasa yang nikmat. Agar lebih bergizi, sajikan dengan suwiran ayam sebagai sumber protein yang lebih banyak. Anda juga bisa menambahkan cincangan sayur seperti wortel dan lobak di dalam bubur, sebagai pelengkap vitaminnya.

Hampir sebagian besar hidangan sarapan tersebut bisa disajikan secara mudah di rumah. Anda juga bisa mengkreasikan sajian tersebut dengan tambahan topping, abon, maupun irisan buah, agar si kecil tak mudah bosan dan selalu lahap saat sarapan. Jadi, jangan sampai lupa dipraktikkan di rumah ya. (kln/it)

Sumber:

http://kidshealth.org/kid/stay_healthy/food/breakfast.html#

http://www.nutritionaustralia.org/national/resource/kids-brainy-breakfast-ideas

http://www.parenting.com/gallery/healthy-breakfast-ideas-kids?page=1

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.