Pentingnya Batasi Asupan Gula Pada Anak

Pentingnya Batasi Asupan Gula Pada Anak

Makan kudapan yang manis-manis untuk anak boleh saja, asal jangan terlalu banyak. Selain bisa cepat merusak gigi, anak juga berisiko tinggi terkena diabetes. Sangat penting bagi Anda untuk membatasi asupan gula pada anak.

Jangan berikan anak jananan manis setiap hari. Ada baiknya, Anda menyimpan jajanan ini pada acara-acara khusus saja dalam ukuran yang sesuai dengan usia mereka. Misalnya, ukuran porsi untuk anak prasekolah adalah seperempat hingga setengah dari ukuran dewasa.

Berikut beberapa contoh ukuran porsi yang masuk akal untuk anak-anak:

-      Satu buah mini candy bar.

-      Satu atau dua cookies berukuran kecil

-      Es krim dengan ukuran cone kecil

Ada banyak makanan sehat yang bisa anak santap sebagai alternatif pengganti jajanannya. Nah, yang seru biasanya jika Anda membuat camilan untuk anak sendiri. Anda bisa lebih bereksplorasi dengan kandungan nutrisi yang sesuai untuk kebutuhan anak.

Anda bisa mengganti waktu “jajan” anak dengan makanan penutup (dessert). Artinya, anak ngemil hanya di saat menyantap dessert saja. Anak Anda pasti akan menyukai ide ini, karena biasanya makanan penutup itu identik dengan yang manis-manis. Buatlah makanan penutup yang sehat. Seperti apel panggang yang disantap dengan sesendok kecil whipped cream rendah lemak dan beberapa kacang cincang atau puding bebas gula.

Yang harus Anda perhatikan juga dalam hal dessert ini: jangan membuat makanan penutup bergantung pada berapa banyak anak mampu memakannya. Gula yang sifatnya manis itu dapat meningkatkan hormon yang memberikan sinyal ke otak untuk makan lebih banyak lagi. Ditakutkan, jika anak mengonsumsi dessert terlalu banyak dan cepat (sebelum makan), ia jadi tidak doyan makan lagi.

 

Sumber : tabloidnova.com

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.