Penuhi Kebutuhan Zat Besi dengan Menu-menu Lezat Ini

Penuhi Kebutuhan Zat Besi dengan Menu-menu Lezat Ini

Merasa sering lemas, mata berkunang-kunang, dan rentan terkena penyakit maupun infeksi? Ini merupakan tanda-tanda anemia akibat kekurangan zat besi. Untuk perempuan berusia 19-50 tahun, disarankan untuk mengonsumsi 18 miligram, jauh lebih banyak dari laki-laki yang hanya membutuhkan 8 miligram.

Sebelum memutuskan untuk meminum suplemen penambah darah, ada baiknya memenuhi kebutuhan zat besi lewat makanan-makanan lezat berikut ini.

Tumis Daging Saus Tiram

Untuk menghasilkan makanan lezat dan bergizi, tidak harus menghabiskan banyak waktu di dapur, seperti tumis daging saus tiram. Selain mudah, hidangan ini juga kaya akan zat besi yaitu sebanyak 2,2 miligram per 100 gram penyajian daging sapi, seperti yang dilansir situs organicauthority.com.

Pertama, potong daging sapi tipis-tipis dan masukkan ke dalam mangkuk berisi campuran tepung maizena dan saus sambal, biarkan selama 15 menit. Masak di atas wajan anti lengket, lalu tambahkan bawang bombai irisan, air, saus tiram, dan campuran maizena. Aduk dan biarkan mendidih hingga mengental. Hanya dalam waktu 15 menit, masakan bercita rasa Asia ini dapat tersaji hangat di atas meja makan.

Biji Labu Kuning Panggang

Tidak disangka, biji labu kuning yang biasanya dibuang ternyata kaya zat besi. Menurut situs everydayhealth.com, satu cangkir biji utuh dapat mengandung hingga 10 miligram zat besi. Selain dapat ditambahkan ke dalam semangkuk sereal, salad atau sebagai taburan roti, biji labu kuning juga dapat dipanggang dan dimakan langsung.

Setelah dibersihkan, rebus biji labu kuning dalam air yang telah diberi sedikit garam selama 10 menit. Angkat dan buang airnya, lalu sebarkan di atas loyang beralas kertas dan dilumuri dengan minyak zaitun. Untuk membuatnya makin lezat, taburi dengan beberapa pilihan bumbu bubuk seperti smoked paprika, cabai, atau jintan. Panggang hingga kecoklatan dan siap jadi kudapan sehat.

Edamame Lo Mein

Edamame atau kedelai Jepang memiliki bentuk yang kecil, tapi besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Menurut situs everydayhealth.com, di dalam 1,5 cangkir edamame mengandung lebih dari 4 miligram zat besi. Selain dikonsumsi sebagai camilan, polong-polongan tinggi serat dan protein ini juga lezat disantap sebagai variasi pasta.

Pertama rebus spaghetti dan edamame hingga empuk, tiriskan. Di dalam wadah kecil, aduk saus tiram, cuka, kecap, gula pasir, minyak wijen, cabai kering, dan irisan daun bawang. Panaskan minyak kanola, tumis paprika dan wortel hingga empuk, lalu tambahkan pasta dan edamame, kemudian menyusul campuran bumbu. Aduk dan sajikan hangat untuk makan malam.

Ingin sehat dan bebas anemia? Cukupi kebutuhan zat besi dengan menyantap menu-menu lezat ini. Bon appétit!

http://www.simplyrecipes.com/recipes/toasted_pumpkin_seeds/

http://www.everydayhealth.com/pictures/foods-high-in-iron/#07

http://www.everydayhealth.com/recipes/edamame-lo-mein/

http://www.everydayhealth.com/recipes/oyster-sauce-beef-ho-yow-ngow-yuke/

http://www.organicauthority.com/11-foods-high-in-iron-recipes

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.