Peran Penting Lemak untuk Kecerdasan Otak

Peran Penting Lemak untuk Kecerdasan Otak

Saat mendengar kata lemak, mungkin kebanyakan yang terlintas dalam benak orang adalah sumber penyakit, bikin gendut dan hal-hal buruk lainnya. Padahal, tidak semua lemak berdampak buruk bagi kesehatan bilamana dikonsumsi dalam makanan setiap hari. Ada beberapa jenis lemak ‘baik’, yang justru memberi keuntungan bagi kesehatan.

Salah satu lemak ‘baik’ yang justru dibutuhkan lantaran manfaatnya yang penting untuk mendukung kecerdasan otak adalah asam lemak omega-3. Lemak ini biasa ditemukan dalam minyak ikan. Lebih lanjut berikut manfaatnya bagi kercerdasan otak.

Meningkatkan Kemampuan Membaca

Salah satu indikator kecerdasan otak anak pada usia awal pertumbuhannya dapat dilihat dari kemampuan membacanya.

Dr Alex Richardson, peneliti senior dari Centre for Evidence-Based Intervention, Oxford University, menjelaskan bahwa mengonsumsi 600 mg asam lemak omega-3 secara rutin terbukti efektif meningkatkan kemampuan membaca anak-anak pada usia 7-9 tahun.

Mengontrol Pikiran Anak Hiperaktif

Pada penelitian berbeda, Paul Montgomery, Professor of Psychosocial Intervention, Oxford University, berhasil menemukan bila konsumsi rutin asam lemak omega-3 dapat membantu mengontrol pikiran anak yang hiperaktif.

Seperti diketahui, anak yang hiperaktif punya kecenderungan pola pikir lebih cerdas dari kebanyakan anak seusianya. Jika tidak bisa dikontrol, ia akan cenderung melampiaskannya dalam beragam tindakan. Yang kadang juga membahayakan, seperti memanjat atap rumahhanya karena rasa keingintahuannya pada gaya grafitasi.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat asam lemak omega-3  yang juga tidak kalah penting adalah meningkatkan daya ingat. Jika dikonsumsi secara rutin membuat otak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan secara optimal. Hasilnya, otak dapat bekerja maksimal, termasuk dalam menyimpan memori, sekaligus meningkatkan daya ingat. Konsumsi asam lemak omega-3  rutin bagi orang dewasa, juga bermanfaat untuk menghindarkan dari bahaya penyakit pikun dini, seperti alzheimer.

Sumber lemak sehat paling besar bisa didapatkan dari ikan salmon, tuna, hering, makarel, dan ikan sarden. Jika asam lemak omega-3   ini dapat terasup secara optimal, bukan saja otak yang dapat berfungsi dengan baik, namun kesehatan jantung juga ikut terjaga. 

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.