Pilih Mana, Ketupat Atau Nasi?

Pilih Mana, Ketupat Atau Nasi?

Lebaran identik dengan ketupat dan aneka lauk-pauk. Ada satu pertanyaan yang menggelitik. Sebenarnya lebih baik mengonsumsi nasi atau ketupat ya? Apakah ketupat mengandung lebih banyak karbohidrat, atau sebaliknya?

Pada dasarnya, ketupat terbuat dari beras putih sama seperti nasi putih. Sama-sama minim serat dan tinggi kandungan gula. Bedanya, ketupat dibuat dengan proses yang lebih lama sehingga bentuknya padat. Nah, kita sering berpikir bahwa satu buah ketupat saja tidak cukup bukan?

Faktanya, satu buah ketupat mengandung beras yang setara dengan satu piring nasi putih lho. Karena bentuknya yang padat dan lembut bukan berarti bisa dikonsumsi secara berlebihan ya! Jadi jika Anda menikmati ketupat maka cukup satu buah saja.

Namun ada cara untuk mengakali agar ketupat lebih sehat dan ramah untuk diet Anda. Ganti beras putih dengan beras merah. Hal ini akan meningkatkan asupan serat dan mengurangi asupan gula yang berlebihan.

Ketupat dan nasi sama saja jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena itu Anda harus bijak dalam menyantapnya. Jangan sampai kalap mata dan terlalu banyak menikmati ketupat atau nasi, apalagi ditambah dengan aneka makanan bersantan.

Nikmati ketupat sayur atau ketupat dengan bumbu rendang saja, hindari daging berlebihan. Jika masih kurang kenyang dengan satu buah ketupat, nikmati buah potong atau jus buah yang bisa membuat Anda merasa lebih kenyang. Kini sudah tidak bingung lagi bukan?

Sumber: http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=128

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.