Pilihan Dessert dan Buah Rendah Gula

Pilihan Dessert dan Buah Rendah Gula

Kecintaan pada kudapan yang tinggi gula dan lemak dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Mulai dari kelebihan berat badan, hingga risiko terserang penyakit diabetes. Bahkan USDA Dietary Guidelines for Americans memperkirakan rata-rata orang dewasa kini mengonsumsi 79 gram gula tambahan, setara 20 sendok teh gula pasir atau sebanyak 320 kalori per hari.

Jika sulit membendung keinginan ngemil yang manis-manis, masih ada kok pilihan dessert dan buah rendah gula yang relatif aman dikonsumsi, seperti berikut ini.

Buah-buahan Segar

Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak salah jika situs diabetes.org menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran, minimal 3-5 porsi per hari.

Tapi, tidak semua buah bebas dikonsumsi, tergantung dari tinggi rendahnya indeks glikemik (IG). Dari daftar yang dikeluarkan Harvard Health Publication, buah yang termasuk ke dalam IG sedang dan perlu dibatasi adalah pisang, anggur, buah kering (misalnya,  kismis), dan semangka.

Hindari Jus Buah

Menurut aturan umum yang dilansir oleh healthline.com, buah yang mengalami proses pengolahan berisiko memiliki indeks glikemik lebih tinggi, seperti jus buah dalam kemasan atau es krim. Apalagi jika dalam pembuatannya masih ditambah dengan gula, krim, susu, atau berbagai bahan tambahan lainnya. Untuk alternatif, olah buah menjadi salad dengan menambahkan yoghurt dan kacang-kacangan, atau tambahkan potongan buah ke dalam semangkuk oatmeal.

Gunakan Buah Sebagai Pemanis Alami

Buah yang memiliki rasa manis alami dapat ditambahkan dalam dessert, untuk mengurangi konsumsi gula. Epicurious.com menyarankan untuk mengganti gula dengan menambahkan pisang, blueberry, peach, pir, atau apel pada adonan muffin maupun brownies. Bisa juga menambahkan irisan buah di atas pie, puff pastry, sepotong kecil kue bolu, atau angel food cake yang relatif rendah gula dan lemak. Selain memperkaya rasa, penampilannya juga terlihat makin cantik.

Manfaatkan Dark Chocolate

Untuk mengurangi gula dan kalori dalam banyak dessert, pilih kudapan yang terbuat dari dark chocolate, seperti puding, fondue, dan mousse. Selain tidak mengandung banyak gula, kudapan-kudapan ini juga rendah lemak dan kaya antioksidan. Bisa juga pilih cokelat bubuk sebagai bahan campuran adonan brownies dengan menambahkan selai kacang rendah gula, untuk meningkatkan citarasanya.

Walau sedang membatasi asupan gula, penderita diabetes masih dapat menikmati aneka pilihan dessert dan buah-buahan, asal memperhatikan beberapa ketentuan ini.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.