Pilihan Topping Martabak Khusus Diet

Pilihan Topping Martabak Khusus Diet

Menjalani diet sehat memang jadi tantangan tersendiri. Terlebih jika di sana-sini banyak penjual makanan enak yang ada di sekitar kita setiap hari. Rasanya ingin sekali coba-coba untuk mencicipi semuanya.

Sekilas diet memang terkesan berat sekali, padahal diet bukan berarti tidak boleh makan apa yang dikehendaki. Selama diet pun sebenarnya mengemil itu boleh-boleh saja. Asal apa yang dimakan tidak sembarangan. Dalam arti, bukan makanan berminyak, tinggi lemak tak sehatatau terlalu banyak karbohidrat.

Salah satu camilan yang bisa dinikmati selama diet adalah martabak. Bedanya, martabak ini harus dibuat dengan tepung gandum yang lebih tinggi serat. Selain itu, topping-nya juga tidak boleh sembarangan. Harus tetap yang sehat dan bergizi, seperti beberapa kombinasi topping berikut ini.

Pisang dan Selai Kacang

Pisang dikenal sebagai salah satu buah yang berserat tinggi. Jika membuat sendiri di rumah, pilihlah pisang sebagai topping. Kombinasikan dengan selai kacang. Selain rendah kalori, selai kacang juga tinggi kandungan proteinnya. Selain lezat, martabak ini juga menyehatkan.

Yogurt dan Madu

Cobalah menggunakan beberapa bahan bergizi dan rendah lemak sebagai topping martabak buatan sendiri. Seperti yogurt dan madu. Selain menghasilkan cita rasa yang unik dan creamy, kedua bahan ini juga rendah kalori, sehingga aman untuk program diet. Sebaliknya, yogurt sangat tinggi protein yang baik untuk perkembangan tubuh. Sementara, madu dikenal kaya antioksidan yang bermanfaat sekali untuk menunjang daya tahan tubuh.

Selai Almond dan KayuManis Bubuk

Ingin yang lebih beda lagi? Coba manfaatkan selai almond dan kayu manis bubuk di dapur sebagai topping martabak manis yang sedang Anda buat. Selain almond punya rasa lezat, dengan sedikit taburan kayu manis bubuk, martabak manis terasa lebih manis dan harum khas kayu manis.

Yang menarik, menurut American Diabetes Association, selai almond mengandung magnesium yang punya manfaat untuk menjaga kestabilan gula darah. Sementara, kayu manis punya manfaat untuk mengoptimalkan pencernaan dan penyerapan zat gizi dalam tubuh. Hasilnya pun jadi tak sering-sering lapar karena tubuh tersuplai dengan baik zat gizinya.

Apel dan Sirup Maple

Biasanya topping ini digunakan di atas pancake, namun tak ada salahnya mencoba sebagai topping martabak manis. Toh tekstur adonannya juga mirip-mirip. Iris apel tipis-tipis, kemudian siram dengan sirup maple yang begitu lezat. Selain kaya vitamin, apel mengandung serat khusus bernama pektin. Serat ini membuat perut jadi tidak mudah merasa lapar usai makan. Sedangkan, sirup maple kaya vitamin B2 yang punya peran spesifik untuk membantu menurunkan berat badan.

Setelah pilih-pilih kombinasi topping, hal penting yang tak boleh diabaikan adalah porsi. Makanlah secukupnya, tidak berlebihan, agar program diet sehat yang dijalani tetap berjalan secara optimal.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.