Pintar Siasati Tingginya Harga Cabai

Pintar Siasati Tingginya Harga Cabai

Sekalipun ada banyak petani yang menanam cabai di lahan berhektar-hektar, tetapi kenyataan harga cabai mahal tak bisa dielakkan. Apalagi di Indonesia, cabai sudah seperti bahan makanan utama. Rasanya, selalu ada yang kurang pas di lidah saat makanan tidak terasa pedas.

Namun begitu, memaksakan beli cabai dalam jumlah besar saat harga tinggi juga akan membuat anggaran belanja bulanan membengkak. Sebagai gantinya, tips dapur berikut ini bisa dicoba.

Manfaatkan Cabai yang Terlihat Busuk Lebih Dulu

Kadang tidak bisa memilah satu-satu cabai yang segar sebelum dibeli di pasar. Ketika membersihkannya, pisahkan cabai yang terlihat segar dan agakbusuk. Manfaatkan cabai yang akan busuk itu untuk diolah lebih dulu dalam masakan. Dengan begitu, stok cabai tidak habis lebih cepat.

Buat Cabai Kering

Sementara untuk cabai yang masih segar, setelah dicuci bersih dapat dikeringkan. Caranya, jemur cabai tersebut dalam rak kawat 3-4 hari sampai kering. Bila ingin lebih cepat kering, belah cabai menjadi dua, kemudian oven dengan suhu paling rendah hingga kering. Keluarkan dari oven dan biarkan hingga dingin. Jika sudah dingin, simpan dalam plastik kedap udara.

Jadikan Acar Cabai

Buat acar cabai, agar cabai lebih awet dan tidak bolak-balik membeli cabai. Caranya, bersihkan cabai, buang bijinya. Masukkan cabai dalam stoples steril. Jika ingin menambahkan rasa, bisa ditambahkan garam dan daun salam. Panaskan cuka putih, tuang dalam stoples berisi cabai. Biarkan dingin, tutup rapat. Simpan dalam kulkas.

Bekukan Cabai

Cabai yang sudah dibeli dalam jumlah besar, sayang kalau sampai busuk. Selain dikeringkan dan dijadikan acar, cabai tersebut juga bisa dibekukan. Setelah dicuci bersih, masukkan dalam kantong plastik ziplock. Pastikan tidak ada udara, tutup sampai rapat. Simpan dalam freezer sampai beku. Cabai ini bisa bertahan berbulan-bulan. Bila ingin memanfaatkannya, tinggal dicairkan (thawing) lebih dulu.

Tips dapur ini dapat menjadi siasat pintar untuk mengakali harga cabai yang sedang melambung tinggi.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.