Rahasia Agar Nasi Beras Merah Empuk dan Pulen

Rahasia Agar Nasi Beras Merah Empuk dan Pulen

Dibanding beras putih, beras merah memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsinya setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian. Seperempat cangkir porsi beras merah mengandung 2 gram serat atau sekitar 8% dari kebutuhan serat harian, seperti yang dilansir oleh situs livestrong.com.

Tidak hanya dapat mengontrol rasa lapar, beras merah juga baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Sayangnya, teksturnya yang cenderung keras membuat banyak orang kurang menyukainya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tekstur beras merah lebih empuk dan pulen, seperti berikut ini.

Rendam Sebelum Dimasak

Banyak yang menyarankan untuk merendam beras merah sebelum dimasak. Untuk hasil terbaik, rendam beras merah 30-60 menit sebelum dimasak, agar beras lebih cepat lunak dan matang.

Perlu Lebih Banyak Air

Memasak beras merah membutuhkan air dua kali lebih banyak daripada beras putih. Sebagai acuan, satu gelas beras merah memerlukan air sebanyak 3-4 gelas untuk menghasilkan nasi yang empuk dan pulen.

Campur dengan Beras Putih

Buat yang pertama kali mencoba nasi beras merah, biasanya akan sedikit kaget dengan tekstur dan rasanya yang berbeda dengan nasi putih. Agar hasilnya lebih empuk dan pulen, siasati dengan mencampur beras merah dengan beras putih saat dimasak. Misalnya, 300 gram beras merah dicampur dengan 100 gram beras putih.

Memasak di Atas Kompor

Ada juga yang memilih memasak beras merah dengan cara ditanak. Pertama, cuci beras merah hingga bersih, lalu masukkan 1 gelas beras merah dan 4 gelas air ke dalam panci, biarkan terendam air selama 30 menit. Nyalakan api kompor, lalu aduk-aduk sebentar, tutup panci dan  masak hingga air mendidih sempurna.

Buka penutup panci dan lanjutkan  memasak dengan api sedang, sesekali aduk hingga air habis terserap atau beras sudah setengah matang. Angkat, lalu kukus beras dalam dandang hingga matang.

Memasak dengan Rice Cooker

Ingin yang lebih praktis? Gunakan saja rice cooker untuk menghasilkan nasi beras merah yang pulen, tapi biasanya membutuhkan waktu memasak lebih lama ketimbang beras putih, yaitu sekitar 40 menit. Caranya, setelah dicuci dan direndam, masukkan beras merah ke dalam rice cooker dengan takaran air dua kali lebih banyak daripada memasak beras putih.

Tidak sulit ‘kan membuat nasi dari beras merah yang empuk dan pulen? Cukup gunakan beberapa tips ini. Selamat makan!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.