Rahasia Kelezatan Satai Sapi dan Satai Kambing

Rahasia Kelezatan Satai Sapi dan Satai Kambing

Makanan khas Nusantara memiliki banyak jenis satai. Diantaranya berbahan dasar daging sapi dan daging kambing.  Namun kendalanya, kedua daging tersebut cenderung alot, dan butuh waktu lama untuk mengempukkan. Nah, bagaimana caranya membuat satai sapi atau kambing yang empuk, padahal membuat satai tidak melalui proses perebusan? Selain cara mengempukkan satai kambing dan sapi, ada tips-tips lain supaya satai buatan Anda maksimal lezatnya.

1. Jenis Daging 
Pilih bagian daging yang cepat empuk. Untuk daging sapi pilih bagian khas dalam, dan daging kambing bagian paha.

2. Bentuk Potongan
Potong-potong daging bentuk dadu dan seragamkan ukuran potongannya agar daging matang merata. Bila dalam satu tusuk ada potongan daging besar dan kecil, potongan kecil akan matang lebih dulu. 

3. Marinasi
Proses pemasakan satai waktunya singkat, sehingga tidak akan lama proses penyerapan bumbunya. Maka daging harus dimarinasi dengan bumbu-bumbu minimal 30 menit sebelum dibakar, agar bumbu betul-betul meresap.

4. Pengempukan
Jika daging ingin lebih empuk, Anda bisa menambahkan bahan pengempuk daging atau membungkusnya dalam daun pepaya setelah dibumbui selama 30 menit. Kandungan papain pada daun pepaya akan memecah protein dalam daging, sehingga dapat mengempukkan daging.

5. Pembakaran
Membakar satai dengan bara api akan memberi aroma khas dan istimewa. Namun, bila Anda tak mau repot menyiapkan bara api, gunakan alat bakaran disko yang diletakkan di atas kompor. Api akan masuk melalui lempengan berlubang yang terletak pada bagian tengah bakaran. Dan, lempengan tersebut akan berputar ketika terkena api, sehingga api tidak mengenai langsung ke daging. Jika api terlalu besar dan langsung mengenai daging. Maka daging akan cepat matang, namun dagingnya alot. 

6. Lemak
Selipkan potongan lemak diantara tiap potongan daging. Saat dibakar lemak akan terbakar, namun meninggalkan rasa gurihnya pada daging sate.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.