Rahasia Memasak Asparagus yang Tepat

Rahasia Memasak Asparagus yang Tepat

Asparagus kerap disajikan sebagai pelengkap aneka makanan di beragam menu kafe atau hotel. Tidak mengherankan, karena kandungan nutrisinya juga lengkap. Sebut saja vitamin B6, kalsium, magnesium dan seng. Selain itu, asparagus juga kaya protein nabati, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin, K, serat, hingga rendah kalori.

Akan tetapi, mengonsumsi asparagus tidak melulu harus ke restoran, bukan? Siapapun bisa memasak asparagus sendiri di rumah, asal tepat cara memasaknya.

Tepat Memilih Asparagus

Pilihlah asparagus yang baik kondisinya. Di pasaran, biasanya ada dua macam, asparagus, yaitu yang langsing panjang atau berdaging tebal. Pilih asparagus yang langsing, karena lebih cepat matang. Selain itu, teksturnya cenderung renyah di bagian luar dan lunak di bagian dalam. Asparagus paling cocok diolah menjadi salad atau tumisan.

Potong dengan Benar

Setelah dicuci bersih, potong bagian bawah asparagus. Bagian tersebut keras dan berkayu, sehingga kurang enak dikonsumsi saat matang. Untuk menentukan bagian keras ini, bisa dilakukan dengan menyentuh dan membengkokkan pelan-pelan. Jika bisa dibengkokkan, di situlah bagian batang asparagus yang perlu dipotong.

Rebus Asparagus Secara Tepat

Cara memasak asparagus yang paling umum adalah direbus. Rebus dalam air mendidih selama 2-3 menit. Tambahkan sedikit garam. Pastikan kematangan asparagus dengan memeriksa teksturnya. Asparagus dengan kematangan tepat, cenderung renyah, bukan lunak.

Pas Mengukus Asparagus

Selain direbus, asparagus juga tepat dimasak dengan cara dikukus. Bahkan, cara ini dapat mempertahankan kandungan gizi dan tekstur asparagus yang renyah. Untuk mendapatkan tekstur tersebut, asparagus paling tepat dikukus selama 5-7 menit, hingga warnanya menjadi hijau cerah.

Menumis Asparagus

Cara lain yang tepat untuk memasak asparagus dengan cara ditumis. Potong sekitar 2-5cm dengan irisan menyerong. Tumis dengan 1 sendok makan minyak goreng atau mentega dalam wajanselama 3-6 menit, atau sampai warnanya hijau cerah dan sedikit memunculkan warna kecokelatan pada beberapa titik.

Mudah, kan? Yuk, bikin aneka hidangan asparagus yang lezat untuk keluarga di rumah.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.