Sayangi Jantung dengan Beragam Makanan Ini

Sayangi Jantung dengan Beragam Makanan Ini

Penyakit jantung yang dulunya dikenal sebagai penyakit yang diderita manula, kini juga mulai menyerang orang-orang di usia produktif. Selain berolahraga, memiliki pola makan yang sehat juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Sertakan beragam makanan ini ke dalam menu sehari-hari.

Sayur dan Buah-Buahan

Pola makan yang seimbang setidaknya mencakup lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Agar tidak mengalami kebosanan, cobalah untuk menvariasikan jenis buah dan sayuran yang dikonsumsi. British Heart Foundation menyarankan seporsi sayuran dan buah yang terdiri dari 4 potong brokoli, 1 buah pir, 3 sendok penuh wortel, dan 7-8 buah stroberi.

Jika merasa kerepotan untuk mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah tersebut, coba nikmati dalam bentuk jus. Tentunya tanpa gula, susu, atau bahan lain yang dapat menambah asupan kalori.

Lemak Sehat

Tidak semua lemak itu buruk bagi kesehatan jantung, lho. Lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3 yang terkandung dalam salmon, sarden, dan makarel justru menurunkan risiko denyut jantung yang tidak teratur, pembentukan plak pada pembuluh darah, dan mengurangi kolesterol darah. The American Heart Association merekomendasikan mengonsumsi asam lemak omega-3 ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

Oatmeal

Oatmeal sering dijadikan sebagai alternatif menu sarapan yang sehat dan mengenyangkan. Kandungan serat sebesar 17% dalam 39 gram oatmeal, seperti yang ditulis dalam situs World’s Healthiest Food, dapat menyerap kolesterol sehingga mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah. Agar tidak bosan menyantapnya, hidangkan oatmeal dalam versi gurih atau manis, tapi hindari menggunakan oatmeal instan karena masih mengandung gula.

Kedelai

Kedelai dan produk olahannya seperti tahu dan sarinya, adalah alternatif daging atau telur yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein, tanpa harus menambah kadar lemak atau kolesterol. Situs health.com juga menambahkan bahan makanan ini mengandung kadar lemak tak jenuh ganda yang cukup tinggi, sehingga dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan kolesterol buruk.

Dark Chocolate

Ingin mencari kudapan yang lezat tapi tetap sehat? Dark chocolate jawabnya. Menurut situs health.com, cokelat dengan komposisi 60-70% cocoa ini mengandung flavonoid polifenol, yang membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dari peradangan. Pilih chocolate bar yang kaya akan cocoa dan bebas tambahan gula, susu, krim, atau lemak lainnya.

Pola makan sehat tidak harus berupa makanan yang kurang enak. Gunakan panduan ini untuk menyajikan makanan lezat dan sehat bagi jantung. Selamat berkreasi di dapur!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.