Sejuta Manfaat di Balik Udang

Sejuta Manfaat di Balik Udang

Sampai saat ini hidangan seafood masih jadi primadona di antara makanan lezat. Bukan saja karena rasanya yang selalu sukses menggoyang lidah, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga berlimpah. Salah satu seafood yang cukup digemari dan banyak diolah dalam beragam varian masakan adalah udang. Tahukah Anda, di balik kenikmatannya, udang ternyata menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan?

Sumber Protein

Sebagaimana seafood pada umumnya, udang memiliki kandungan protein yang cukup baik. Menurut Cynthia Sass, MPH, RD, nutrisionis Health Magazine, setiap 85 gram udang panggang mampu menyumbangkan protein sebanyak 20 gram. Protein tersebut mengandung asam amino yang bermanfaat untuk pembentukan sel-sel tubuh yang baru atau proses regenerasi sel.

Rendah Kalori, Lemak dan Karbohidrat

Selain mengandung protein, udang teryata memiliki kalori rendah. Menurut Cynthia, satu udang berukuran sedang rata-rata mengandung 7 kalori. Sementara untuk udang berukuran jumbo bisa mengandung 14 kalori per biji. Udang juga mengandung lemak dan karbohidrat yang kecil, sehingga bisa dijadikan salah satu menu diet sehat dengan protein.

Sumber Mineral Penting

Protein bukanlah nutrisi satu-satunya yang ada dalam udang. Sylvie Tremblay, MSc, seorang nutrisionis dari Ontario, Kanada, mengungkapkan jika udang mengandung zinc dan selenium. Keduanya memiliki peran penting untuk mengaktifkan enzim dalam tubuh. Zinc dapat mengaktifkan enzim yang dapat membantu proses pembentukan energi, sedangkan selenium dapat mengaktifkan enzim yang dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.

Kaya Vitamin

Meski udang bukan termasuk buah-buahan maupun sayuran, tetapi udang mengandung vitamin yang lengkap. Menurut Sylvie, udang mengandung vitamin A yang dapat mengontrol pembentukan sel darah merah. Selain itu, vitamin B12 dapat memproduksi heme, bagian penyusun zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

Beruntunglah bagi Anda dan keluarga yang gemar makan udang. Karena selain memiliki rasa yang enak, udang ternyata terbukti menyimpan manfaat yang baik bagi tubuh. Perhatikan juga porsi konsumsinya ya, karena memakan udang yang berlebihan justru kurang baik bagi kesehatan. (kln/it)

Sumber:

http://news.health.com/2014/12/04/calories-in-shrimp/

http://www.livestrong.com/article/520767-the-advantages-of-shrimp/

http://www.healwithfood.org/health-benefits/eating-shrimp.php

http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=107

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.