Selain Wortel, Ini Lho Makanan Alami untuk Menjaga Kesehatan Mata

Selain Wortel, Ini Lho Makanan Alami untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ketika ditanya makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata, kebanyakan orang mungkin akan menjawab wortel. Hal ini wajar saja, karena menurut Elizabeth J Johnson, PhD, profesor di Tuft University Boston, wortel mengandung beta-karoten, salah satu penyusun vitamin A, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata khususnya bagian retina, sekaligus pigmen penyumbang warna oranye pada wortel.

Selain wortel, ternyata masih ada makanan lain yang juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan mata.

Sayuran Hijau

Makanan yang baik untuk kesehatan mata ternyata tidak selalu berwarna oranye. Sayuran hijau rupaya memiliki peran yang apik untuk menjaga kesehatan mata. American Optometric Association, menjelaskan bila sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthine. Kedua senyawa antioksidan ini dapat melindungi mata dari risiko katarak dan gangguan kesehatan mata lainnya. Beberapa jenis sayuran hijau yang bisa dipilih, antara lain bayam, kacang panjang, kacang polong, lobak hijau dan selada.

Telur

Sering dijadikan konsumsi sehari-hari, ternyata tidak hanya membuat telur dikenal sebagai sumber protein. Makanan hewani ini ternyata juga mengandung nutrisi lain. Menurut Paul Dougherty, MD, Direktur Kesehatan di Dougherty Laser Vision Los Angeles, telur mengandung lutein, zeaxanthine dan zinc. Ketiga sumber nutrisi sekaligus antioksidan tersebut memiliki peran penting dalam pencegahan macular degeneration atau sejenis gangguan mata yang sering menimpa seseorang ketika sudah berusia lanjut.

Jeruk dan Buah Berri

Seiring dengan perkembangannya, nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan mata ternyata tidak hanya yang ada dalam kelompok vitamin A. Michael W. Smith, MD, dari WebMD Foundation, menjelaskan bila vitamin C pada jeruk dan buah berri juga memiliki peran penting dalam pencegahan macular degeneration sejak dini.

Kacang-Kacangan

Makanan lain yang juga baik untuk menunjang kesehatan mata adalah kacang-kacangan. American Optometric Association menjelaskan bila vitamin E pada kacang-kacangan dapat melindungi sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, peran vitamin E pada kacang-kacangan dapat membantu pencegahan terjadinya macular degeneration di usia dini.

Sekarang sudah mengerti kan, bila makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan mata, ternyata bukan hanya wortel? Supaya manfaatnya bagi kesehatan mata bisa segera dirasakan, yuk segera konsumsi makanan-makanan bergizi tersebut setiap hari. Ssst, ajak-ajak keluarga juga ya! (kln/it)

Sumber:

http://www.aoa.org/patients-and-public/caring-for-your-vision/diet-and-nutrition/vitamin-e?sso=y

http://www.health.com/health/gallery/0,,20680738_5,00.html

http://www.aoa.org/patients-and-public/caring-for-your-vision/diet-and-nutrition/lutein?sso=y

http://www.webmd.com/healthy-aging/nutrition-world-3/foods-eye-health

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.