Serba Serbi Mi

Serba Serbi Mi

Mana favorit Anda? Mi ayam, mi bakso, soto mi, mi godok, atau mi goreng Jawa? Itu baru menu mi dari Indonesia, belum lagi menu-menu dari negara lain. Mulai dari Pad Thai, Tempura Udon, Pho Bo, Hokkian Noodle, hingga Charsiu Kwetiau. Semuanya lezat dan menggiurkan.

Bisa dibilang, mi merupakan makanan yang mendunia. Konon mi yang pertama kali dibuat dan dikembangkan di Tiongkok sekitar 2.000 tahun lalu pada masa pemerintahan Dinasti Han. Mana yang lebih dulu lahir, mi atau pasta di Italia? Tak perlu diperdebatkan karena tiap versi memiliki argumennya sendiri. Yang jelas, dari Tiongkok, mi kemudian menyebar ke Jepang, Korea, Taiwan, dan negara Asia Tenggara lain, termasuk Indonesia.

Secara tradisional mi dibuat dengan tangan, tanpa bantuan alat atau mesin. Proses pembuatannya dengan cara diuleni, dibanting (seperti adonan roti), dipuntir, ditarik, hingga diayun. Makanya tak semua orang terampil membuat mi. Kini, jika ingin melihat proses pembuatan mi secara manual, beberapa resto Tiongkok ada yang menyajikan sajian mi seperti ini. Namanya La Mian, la artinya tarik dan mian artinya mi.

Bagi masyarakat Tiongkok, mi memiliki makna simbolis dengan konsep filosofi tinggi. Bentuk helaiannya yang panjang dan tidak terputus mengisyaratkan sebuah kehidupan yang panjang. Alasan ini lah yang membuat sajian mi yang diberi nama Mi Panjang Umur, selalu terhidang dalam acara perayaan ulang tahun. Kehadirannya menyimbolkan pengharapan agar yang berulang tahun diberikan umur yang panjang.

Jenis mi yang ada kini sangatlah bervariasi. Tiap negara memiliki jenis mi masing-masing, dengan nama yang berbeda dan bentuk helaian yang berbeda. Jenis-jenis mi ini secara umum dibedakan berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Selain dari tepung terigu atau tepung gandum, variasi mi juga ada yang terbuat dari tepung beras, tepung jagung, atau tepung pati kacang hijau.

Jenis Mi Berdasarkan Negara Asal:

  • Indonesia: Bihun, soun, kwetiau, mi telur
  • Tiongkok: Mee Pok, He Fen, Suun, Mi Soa
  • Jepang: Udon, Soba, Somen, Ramen, Yakisoba
  • Korea: Naengmyeon, Tangmyon
  • Vietnam: Banh Po
  • Thailand: Sen Yan, Sen Lek

Jenis Mi Berdasarkan Tahap Pengolahan

  • Mi mentah/mi segar: Mi segar yang baru dibuat dan langsung diolah
  • Mi basah: Mi mentah yang sudah mengalami proses perebusan dalam air mendidih sebelum dipasarkan
  • Mi kering: Mi mentah yang langsung dikeringkan sebelum di pasarkan
  • Mi instan: Mi mentah yang sudah dimasak dengan proses penggorengan sebelum dikemas sehingga dalam penyajiannya tinggal dimasak hanya 3-4 menit saja
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.