Tak Hanya Disantap Langsung, Apel Juga Enak Dijadikan Masakan

Tak Hanya Disantap Langsung, Apel Juga Enak Dijadikan Masakan

One apple a day, keep doctor away. Pepatah ini memang tidak salah menggambarkan kandungan nutrisi dalam apel yang mampu menjaga kita tetap sehat. Menurut situs whfoods.com, apel mengandung 2-3 gram serat dan 8 miligram vitamin C dalam 3,5 porsi penyajian. Selain disantap langsung, buah berkulit merah atau hijau ini juga sedap dijadikan bahan masakan karena memberikan rasa manis asam segar, seperti berikut ini.

Chicken Salad Sandwich

Tekstur apel yang renyah dan rasanya yang manis-asam, memberikan sensasi tersendiri saat menyantap sandwich yang satu ini. Selain mudah, menu ini dapat dijadikan sarapan atau bekal makan siang, bagi yang tidak memiliki banyak waktu untuk makan. Cukup campurkan daging ayam panggang irisan, bawang merah, apel, anggur, almond irisan, yoghurt, air jeruk lemon, bawang putih bubuk, garam, dan merica. Isikan pada dua lembar roti gandum yang sudah dipanggang sebelumnya.

Baked Chicken and Apple

Apel yang dipanggang biasanya tampil dalam isian pai atau campuran muffin. Tapi, jika ingin mengombinasikannya dalam menu bercitarasa gurih, ini menu yang dapat diandalkan. Pertama,  cincang apel dan campur dengan sage cincang, kayumanis bubuk, pala bubuk, bawang putih cincang, dan garam. Ratakan pada loyang, lalu letakkan daging ayam yang sudah dibumbui dengan garam dan merica bubuk di atasnya. Panggang hingga ayam matang dan apel menjadi lunak, lalu sajikan selagi hangat.

Curried Carrot and Apple Soup

Jus apel sudah biasa, tapi sup apel terdengar luar biasa. Tertarik untuk mencicipi? Ini cara memasaknya! Panaskan minyak sayur, tumis bawang bombai dan seledri hingga lembut. Tambahkan kari bubuk, wortel, apel, dan bay leaf, masak hingga 2 menit, lalu tuangkan kaldu ayam. Tutup dan rebus hingga wortel dan apel berubah empuk. Haluskan hingga berbentuk puree, sajikan hangat dengan sesendok yoghurt dan taburan herba segar. Menu ini siap menghangatkan tubuhmu di kala turun hujan.

Caramelized Onion and Apple Bites

Sajikan kudapan gurih nan cantik ini untuk menjamu keluarga atau kerabat saat acara spesial. Panaskan minyak dan tumis bawang bombai irisan dan sedikit garam hingga berubah kecokelatan atau terkaramelisasi. Sisihkan dan gunakan wajan yang sama untuk menumis jamur hingga empuk, lalu campur dengan caramelized onion.

Lelehkan mentega, lalu tambahkan apel dan gula pasir, masak hingga apel empuk. Tambahkan jamur dan bawang bombai, taburi keju, thyme dan kucai, aduk rata. Isi adonan puff pastry dengan campuran apel, kemudian panggang hingga berubah keemasan dan renyah. Diamkan sejenak sebelum disajikan.

Tidak hanya dapat disantap langsung atau diubah jadi kudapan manis, apel pun dapat bertransformasi menjadi hidangan gurih dan lezat, namun tetap sehat. Selamat mencoba!

http://www.eatingwell.com/recipe/248648/curried-carrot-apple-soup/

http://www.myrecipes.com/recipe/chicken-thighs-with-roasted-apples-garlic

http://www.brit.co/savory-apple-recipes-for-fall/

http://www.tablefortwoblog.com/caramelized-onion-mushroom-apple-gruyere-bites/

http://damndelicious.net/2012/11/07/lightened-up-greek-yogurt-chicken-salad-sandwich/

http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=15

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.