Tips Agar Dapur Bebas dari Kecoa

Tips Agar Dapur Bebas dari Kecoa

Kecoa adalah binatang yang sering muncul di rumah dan merupakan hama dapur yang sangat mengganggu. Bagaimana tidak? Selain menjijikkan, kecoa juga sulit diusir dan dimatikan. Nah, agar dapur Anda sehat dan bersih, simak tips mengusir kecoa dari Amoils berikut ini:

Selalu bersihkan dapur dari noda minyak dan remah-remah makanan setiap kali selesai memasak. Selain bebas kecoa, dapur Anda juga bersih dari dari bakteri dan kuman.

 

  1. Jangan biarkan piring kotor menumpuk semalaman. Kecoa merupakan hewan yang aktif pada malam hari (hewan nokturnal) dan beristirahat pada siang hari, sehingga kecoa sering ditemukan pada malam hari.
  2. Jaga agar seluruh permukaan dapur tetap kering. Wilayah dapur yang lazim dijadikan sarang kecoa adalah di bawah tempat cuci piring atau daerah sekitar penyimpanan air. Kecoa dapat hidup selama 40 hari tanpa makan, tetapi tidak dapat hidup bila seminggu tidak minum. Itulah alasan mengapa kecoa senang berada pada tempat yang lembap. Walau dapat terbang, kecoa lebih senang berjalan untuk menemukan air.
  3. Buang sampah dapur setiap hari. Jangan biarkan sampah menumpuk selama berhari-hari. Selain menimbulkan bau tak sedap, sampah yang menumpuk juga dapat mengundang hama kecoa dan tikus.
  4. Sapu lantai dapur setiap hari dan bersihkan juga daerah di bawah kulkas atau kompor karena sering terdapat sisa-sisa makanan dan minyak yang bisa menjadi makanan kecoa.
  5. Gunakan jeruk lemon, mentimun, atau daun salam secukupnya untuk mengusir kecoa. Caranya, iris kecil–kecil salah satu bahan di atas, kemudian tuangkan irisan bahan tersebut ke dalam gelas atau wadah ukuran sedang. Letakkan wadah atau gelas tersebut di tempat yang banyak terdapat kecoanya, misalnya saja dapur, lemari, atau tempat lainnya. Kenapa bisa kabur? Karena pada dasarnya kecoa ini tidak suka dengan aroma bahan–bahan di atas.
  6. Untuk mengurangi populasi kecoa dewasa, semprotkan air sabun ke badan kecoa. Air sabun cukup ampuh untuk mematikan kecoa.

 

Dapur Anda sekarang lebih bersih, bukan?

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.