Tips Agar Si Kecil Tetap Aman Saat Memasak Bersama

Tips Agar Si Kecil Tetap Aman Saat Memasak Bersama

“Bunda, masak apa hari ini? Adik mau ikut masak, boleh kan, Bunda?”

Keriangan ini tiba-tiba membuat suasana dapur menjadi lebih ceria. Aktivitas memasak yang sedianya dilakukan seorang diri, jadi lebih menyenangkan dengan kehadiran si kecil. Anak-anak memang sangat antusias setiap melihat ibunya memasak Mereka juga selalu semangat membantu menyiapkan setiap hidangan. Agar keingintahuan si kecil ini tidak pupus begitu saja, cobalah mengajaknya memasak bersama.

Namun, perhatikan juga keselamatannya, agar buah hati tetap aman selama melakukan kegiatan memasak bersama. Termasuk di antaranya dengan menyimak beberapa tips berikut ini.

Waspadai Penggunaan Alat Dapur

Ketika si kecil ingin memasak, maka secara tak langsung orang tua juga harus siap menemani dan menghimbaunya ketika dia menggunakan peralatan dapur yang tajam, seperti pisau. Agar lebih aman, ganti dengan pisau plastik saja. Begitu juga dengan kompor. Ketika kurang tepat menggunakannya, kompor juga dapat membahayakannya saat sedang memasak bersama.

Cuci Bahan Makanan Sampai Bersih

Supaya tidak menyebabkan gangguan pencernaan, cuci setiap bahan makanan sebelum dimasak. Utamanya, bahan-bahan yang dibeli di pasar tradisional, maka perlu diperhatikan kebersihannya saat proses pencucian. Kebiasaan mencuci bahan makanan sebelum diolah ini memang penting diajarkan, selain kebiasaan mencuci tangan. Tujuannya, agar segala asupan yang dimakan si kecil benar-benar aman dari bakteri dan kuman penyakit yang dapat mengganggu kesehatan pencernaannya.

Berikan Contoh Yang Jelas

Menggoreng ikan dalam minyak panas, menggunakan mixer dan blender, memasukkan kue ke dalam oven, merupakan beberapa bagian kegiatan memasak yang berisiko bagi anak-anak. Jika tidak tahu secara jelas cara menggunakan atau melakukannya, sama artinya dengan bermain-main dengan bahaya. Jangan biarkan buah hati melakukan kegiatan memasak sendiri. Berikan pendampingan dan yang paling panting contohkan secara jelas tahap demi tahap cara melakukannya.

Edukasi Bahaya saat Memasak

Meski sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian besar ibu rumah tangga, memasak tetaplah berisiko bagi anak-anak. Imbangi rasa keingintahuannya yang besar untuk memasak bersama, dengan edukasi bahaya yang bisa terjadi saat memasak. Misalnya saja, menggunakan pisau yang tajam berisiko menyebabkan tangan terluka, menggoreng ikan yang kurang berhati-hati bisa terciprat minyaknya dan mengangkat panci yang panas tanpa jampel bisa membuat kulit melepuh. Hal-hal tak terduga ini penting diberitahukan, agar si kecil paham bila kegiatan memasak juga memerlukan kewaspadaan.

Terapkan dengan penuh ketelatenan dan kesabaran, agar proses belajar memasak bersama si kecil menjadi lebih maksimal. Keep safe, ya! (kln/it)

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.