Tips Agar Talenan Tetap Higienis

Tips Agar Talenan Tetap Higienis

Aktivitas memasak tidak bisa terlepas dari talenan. Alas yang digunakan untuk memotong berbagai bahan memasak ini sangat mudah terinfeksi bakteri jika tidak dibersihkan dengan saksama. Talenan kayu lebih rentan menyimpan bakteri karena memiliki pori-pori terbuka, sedangkan talenan plastik biasanya mudah menyisakan noda bekas makanan yang dipotong. Nah, bagaimana untuk menjaga kebersihan talenan ini?

  1. Selalu bilas talenan segera setiap kali selesai digunakan. Jangan merendam talenan kayu dalam air, karena dapat menjadi media berpindahnya bakteri patogen ke seluruh area memasak.
  2. Gunakan hidrogen peroksida 3% untuk mensterilkannya. Caranya, tuang ke atas talenan dan ratakan dengan menggunakan spons yang bersih. Diamkan beberapa menit supaya kuman terangkat sempurna. Lakukan beberapa kali hingga Anda yakin benar-benar bersih. Bilas hingga bersih.
  3. Untuk menghilangkan noda yang membandel pada talenan, gunakan garam kasar atau soda kue. Pastikan talenan Anda kering, sebelum ditaburi bahan tersebut. Gosok noda dengan menggunakan spons atau kuas yang telah dicelupkan dalam air panas. Bilas dengan air hingga bersih.
  4. Cuka memiliki manfaat sebagai desinfektan alami. Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau tak sedap yang melekat pada talenan. Caranya, masukkan cuka pada botol spray. Semprotkan pada talenan, dan biarkan semalaman supaya cuka menetralisir bau secara sempurna.
  5. Jika talenan digunakan untuk memotong daging, bersihkan talenan secara berkala dengan menggunakan larutan pemutih. Caranya, campurkan 1 sdt larutan pemutih dengan 1 liter air. Kemudian, siramkan sedikit-sedikit pada talenan, biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air panas. Keringkan.

Menjaga kebersihan alat memasak juga akan berpengaruh pada kualitas masakan Anda. Selalu berikan yang terbaik untuk keluarga tercinta.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.