Tips Atasi Anak Susah Makan Dengan Bento

Tips Atasi Anak Susah Makan Dengan Bento

Dalam masa tumbuh kembangnya, anak-anak membutuhkan keseimbangan gizi dalam makanan yang asupnya. Mulai dari serat, karbohidrat hingga protein. Namun, kebanyakan dari mereka menolak saat disuguhkan sayuran atau serat. Dengan berbagai macam alasan mereka lakukan untuk menghindari makanan tersebut.

Sebagai ibu tentu saja hal tersebut menjadi masalah besar, karena semua ibu pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh dengan nutrisi seimbang. Ada banyak tips yang ibu bisa lakukan agar si anak mau memakan makanan yang disediakan. Salah satunya dengan mengubah tampilan makanan biasa menjadi penuh warna dan dibentuk sesuai imajinasi mereka, yakni bento. Bento akan membantu anak-anak yang susah makan.

Tampilan yang lucu akan membuat mereka tertarik dan senang menikmatinya. Pastikan wadah yang digunakan pun berwarna-warni. Berikut beberapa tips dalam membuat bento:

  1. Karbohidrat Nasi adalah media yang paling mudah untuk dibentuk menjadi karakter apapun yang disukai anak, mulai dari spongebob, angry bird, sampai princess. Gunakan nori yang dipotong-potong untuk membentuk mata, alis hingga mulut.
  2. Serat Untuk sayuran, pilih yang berwarna terang agar menarik. Brokoli, asparagus, wortel hingga jagung memiliki komposisi warna yang cantik saat digabungkan. Anda bisa hanya merebusnya atau menumisnya dengan bawang putih.
  3. Protein Nugget dan sosis adalah protein yang paling mudah disajikan dalam bento. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda juga memasukkan ayam goreng crispy yang menjadi kesukaan anak-anak. Telur puyuh pun bisa dibentuk menjadi ayam hanya dengan memberikan nori untuk mata dan mulutnya.
  4. Buah Potong kecil-kecil buah atau bentuk menjadi sate supaya terlihat cantik dan menyatu dengan komponen lain. Pie buah pun ideal untuk dimasukkan dalam bento.
  5. Penataan Pastikan tidak ada ruang kosong dalam kotak makanannya. Bento identik dengan makanan yang penuh sesak dalam satu wadah.

Tidak sulit dalam membuat bento, namun Anda harus meluangkan waktu sedikit lebih banyak untuk membuatnya. Selamat mencoba!

 

Sumber:

http://lunchinabox.net/2007/11/bentos-and-the-picky-eater/

http://followinginmyshoes.com/bento-2/i-heart-lunch-making-bentos-for-picky-eaters/

http://basicbento.blogspot.com/p/for-picky-eaters.html

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.