Tips dan Trik agar Kualitas Telur Tetap Terjaga

Tips dan Trik agar Kualitas Telur Tetap Terjaga

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang berprotein tinggi. Meski terlindungi oleh cangkang yang keras, namun kualitas telur sering mengalami penurunan bila tidak segera dimasak. Terlebih bila cara penyimpanannya kurang tepat, mudah sekali membuat telur yang sedianya bisa bertahan selama beberapa hari, justru rusak. Di satu sisi, telur yang retak menjadi tidak layak untuk dimakan karena bisa jadi sudah terkontaminasi bakteri. Supaya telur tetap terjaga, berikut tips dan trik yang bisa dicoba!

Simpan di Dalam Kulkas

Kebanyakan orang akan meletakkan telur pada bagian pintu. Namun, hal tersebut ternyata dapat membuat kondisinya rentan rusak. Sebaiknya, simpan telur pada bagian rak kulkas. Jika telur dibeli dalam satu wadah atau kardus khusus, maka tak perlu dikeluarkan. Langsung simpan beserta wadahnya di dalam kulkas. Menurut British Egg Information Service, untuk mendapatkan suhu penyimpanan yang tepat, selalu atur suhu kulkas di bawah 20 derajat Celcius.

Jangan Mencuci Telur

Agar kualitas telur tetap terjaga, jangan pernah mencuci telur yang akan disimpan. Hal ini karena lapisan pelindung yang dapat menghilang bila sampai dicuci dan digosok sampai bersih. Membilas cangkang telur hingga bersih memang tampak higienis. Namun, telur akan rentan terkontaminasi bakteri yang ada di dalam air.

Ketahui Waktu Tepat Penyimpanan

Tidak semua jenis telur dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu yang mempengaruhinya adalah tekstur dan kondisi telur. Misalnya saja, untuk putih atau kuning telur yang tersisa, masih bisa digunakan hingga empat hari ke depan. Berbeda lagi dengan telur rebus, yang masih aman disantap hingga satu minggu penyimpanan. Bahkan, frozen blended eggs dapat disimpan hingga empat bulan lamanya.

Cara Memasak yang Benar

Selain penyimpanan, kualitas telur juga dapat berubah karena proses memasak yang kurang tepat. Usahakan untuk menjaga peralatan dan perlengkapan memasak tetap bersih. Terutama tangan yang bersentuhan langsung dengan telur. Kenakan sarung tangan plastik atau cuci tangan sebelum mengolah telur. Masak telur sampai matang, agar bakteri yang bisa saja membahayakan bagi tubuh dapat mati selama proses pemasakan berlangsung.

Memasak telur memang perkara yang tampak sepele, namun yang tetap perlu diperhatikan adalah bagaimana cara penyimpanan dan pengolahannya yang tepat. Maka dari itu, agar manfaat nutrisi dari telur bisa dimanfaatkan secara optimal, jangan sampai diabaikan tips dan trik yang sudah dijelaskan tersebut ya. (kln/kki/it)

 

 

 

 

Sources: http://www.dailymail.co.uk/news/article-2421530/So-eggs-fridge-Scientists-crack-age-old-argument-chilled-room-temperature-best.html

http://www.motherearthnews.com/real-food/how-to-store-fresh-eggs-zmaz77ndzgoe.aspx

http://www.eggs.ca/eggs101/view/39/egg-storage-freshness-and-food-safety

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.