Tips dan Trik Memasak Sayuran agar Tetap Renyah

Tips dan Trik Memasak Sayuran agar Tetap Renyah

Beberapa orang malas memakan sayuran karena tekstur dan baunya yang kurang mengundang selera. Karena terlalu lama dimasak, sayuran sering kehilangan warnanya dan teksturnya yang renyah.

Untuk mendorong anggota keluarga mau mengonsumsinya, ada beberapa tips dan trik dalam memasak sayuran, agar hasil akhirnya tetap renyah.

Cara Mempersiapkannya

Beberapa orang suka mempersiapkan sayuran jauh sebelum dimasak, dengan alasan menghemat waktu di dapur. Namun, setelah dipotong dan dicuci, kelembapannya akan hilang dan mulai teroksidasi. Akibatnya sayuran mulai layu dan warnanya pun meredup.

Jika ingin menyicil persiapan memasak, lakukan malam hari sebelumnya dan hindari mencucinya. Simpan sayuran dalam kantung plastik dengan tambahan kertas tisu untuk menjaga kelembapan hingga saatnya digunakan.

Hindari Merebus Terlalu Lama

Merebus merupakan cara yang cukup praktis untuk memasak sayuran, tapi cenderung kurang menimbulkan selera makan. Apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu panjang, tekstur sayuran jadi lembek, kehilangan warna cerahnya, dan bahkan nutrisinya pun ikut hanyut dalam air bekas merebus.

Jika memang ingin mengolah beberapa jenis sayuran sekaligus, misalnya untuk dijadikan sup, masukkan dulu sayuran yang memiliki waktu lebih lama untuk empuk, seperti wortel atau kentang. Selanjutnya, tambahkan sayuran lainnya dan masak beberapa menit. Hal ini membuat hidangan berbahan sayuran tetap terasa lezat, berwarna cerah, dan cukup renyah saat disantap.

Blanching

Teknik yang satu ini berguna untuk melunakkan sayuran dengan waktu memasak yang lebih pendek, untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran, dan mempersiapkannya untuk disimpan dalam lemari pendingin maupun freezer.

Cukup didihkan air dan masukkan sayuran ke dalamnya, aduk beberapa menit, lalu angkat. Pindahkan sayuran ke dalam baskom berisi air es untuk menghentikan proses memasak dan membantunya tampak tetap cerah dan jauh dari lembek.

Menumis

Cara lain untuk menjaga tekstur sayuran tetap renyah saat disajikan adalah dengan menumisnya menggunakan sedikit minyak. Walau sedikit memberikan tampilan keemasan atau hangus di tepi, bagian utama dari sayuran tetap tampak cerah dan teksturnya masihrenyah.

Akan tetapi hindari memasukkan terlalu banyak sayuran ke dalam wajan, yang justru membuat sayuran dimasak pada suhu minyak yang terlalu rendah. Akibatnya butuh waktu lebih lama untuk matang, sehingga sayuran menyerap terlalu banyak minyak dan menjadi lembek. Lebih baik bagi menjadi beberapa kali memasak atau gunakan wajan terbesar yang Anda miliki.

Untuk membuat selera memakan sayuran meningkat, coba beberapa tips memasak ini yang menjaganya tetap berwarna cerah dan bertekstur renyah. Happy cooking!

http://www.chatelaine.com/recipes/cooking-tips/how-to-cook-green-vegetables-and-keep-them-green/

http://www.onegreenplanet.org/vegan-food/tips-for-cooking-vegetables-so-they-dont-wilt/

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.