Tips Memasak Salmon Agar Tidak Amis

Tips Memasak Salmon Agar Tidak Amis

Saat melihat salmon yang disajikan di piring, mata seolah-olah tak berkedip memandangnya. Sayang, hanya bisa melihatnya saja. Bagi sebagian masyarakat, salmon menjadi salah satu hidangan yang tidak murah. Apalagi, ikan laut ini paling sering disajikan di hotel maupun restoran mewah. Tak heran bila tidak semua orang bisa menikmatinya layaknya ikan tongkol yang lebih terjangkau.

Namun, bukan berarti ikan salmon sulit dijumpai di pasar. Untuk menghemat biaya, Anda bisa membeli ikan salmon mentah dan memasaknya sendiri di rumah. Supaya tidak berbau amis dan masakan yang dibuat bisa selezat sajian salmon di restoran, simak tips memasaknya yang benar berikut ini.

Merebus

Ada banyak cara memasak salmon yang lebih sehat selain menggoreng, yaitu merebus. Menurut Food Stylist asal New York, Khalil Haymore, merebus tidak hanya akan membuat tekstur daging salmon lembut dan lunak, tetapi juga bisa menghilangkan bau amisnya. Lakukan dengan merebus setengah panci air, tambahkan beberapa rempah seperti daun bawang, seledri, atau yang lainnya sesuai dengan selera.  Setelah mendidih, masukkan irisan daging salmon, masak sampai matang. Bumbui sesuai selera, hidangkan.

Mengukus

Di Indonesia, beberapa jenis ikan biasanya dijadikan pepes yang dimasak dengan cara dikukus. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengolah salmon ini dengan bumbu-bumbuan sesuai selera. Menurut Khalil, selain merebus, mengukus merupakan cara lain untuk memasak salmon yang bebas bau amis. Terlebih bila banyak ditambahkan rempah-rempah dan sayuran, sehingga bau amis ikan menjadi tersamarkan. Agar tingkat kematangannya pas, kukus salmon selama 15 menit dengan suhu 400 derajat Celcius.

Memanggang

Merebus salmon sudah pernah, mengukus apalagi. Tenang, Anda masih bisa mengolah ikan bergizi ini dengan cara dipanggang. Lumuri dengan olive oil dan panggang hingga matang. Memanggang di atas kayu arang akan memberikan citarasa yang lebih enak, dibandingkan di atas bara api kompor. Selain tidak banyak menyerap minyak, menurut Khalil memasak ikan dengan memanggang juga mampu menghilangkan bau amisnya.

Tanpa harus pergi ke restoran mewah dulu, siapapun bisa menikmati sajian salmon yang lezat dan bebas amis dengan tiga tips memasak tersebut di rumah. (kpl/it)

Sumber:

http://www.prevention.com/food/cook/how-cook-fish-so-it-doesnt-smell

http://www.beinggirl.com/article/fishy-smelling-discharge/

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.