Tips Membuat Ketupat Lebih Enak dan Legit

Tips Membuat Ketupat Lebih Enak dan Legit

Tidak terasa tinggal hitungan hari menuju perayaan Lebaran. Biasanya para ibu sudah sibuk merencanakan menu masakan yang akan disajikan di meja makan. Salah satu yang wajib ada adalah ketupat, sebagai pendamping opor ayam. Walau bisa membelinya di pasar, cobalah membuat sendiri ketupat yang enak dan legit dengan menggunakan tips-tips berikut ini.

Memilih Selongsong Ketupat

Sebelum membuat ketupat, pilihlah selongsong ketupat yang terlihat masih segar, anyaman janurnya pun rapi dan rapat, agar ketupat yang dihasilkan padat dan bersih. Jika ingin membuatnya sendiri, persiapkan janur dan anyam sendiri menjadi bentuk ketupat yang berukuran sama, agar dapat matang secara bersamaan. Lanjutkan dengan mencucinya hingga bersih, lalu tiriskan.

Memilih Beras

Untuk membuat ketupat yang enak, legit, dan tahan lama, pastikan beras yang akan dipakai berkualitas bagus dan bermutu baik. Gunakan beras berjenis IR 42, Rojolele, Pandan Wangi, atau Mentik Spesial yang tidak terlalu pulen, agar hasil ketupat nantinya tidak terlalu lembek. Cuci bersih beras yang akan digunakan agar ketupat bertekstur lembut dan tidak cepat basi. Lalu. rendam dalam air dingin selama satu jam. Bisa juga ditambahkan sedikit air kapur sirih agar tidak cepat basi, lalu tiriskan.

Mengisi Selongsong Ketupat

Mengisi selongsong ketupat tidak boleh sembarangan, lho. Isilah selongsong ketupat dengan beras yang sudah dicuci bersih hingga 1/2 atau 2/3  dari tinggi selongsong ketupat. Terlalu banyak memasukkan beras akan menghasilkan ketupat yang keras dan rentan kurang matang. Sebaliknya, jika mengisinya terlalu sedikit, ketupat akan menjadi lembek.

Merebus Ketupat

Masukkan selongosong ketupat yang sudah diisi beras ke dalam panci berisi air yang sudah mendidih. Pastikan semua bagian ketupat terendam air, agar dapat matang dengan sempurna. Jika airnya sudah menyusut tapi ketupat belum matang secara menyeluruh, tambahkan lagi air mendidih untuk menjaga suhu pemasakan tetap stabil. Saat merebus, bisa juga mengganti air dengan santan, agar hasilnya lebih gurih. Biasanya ketupat membutuhkan waktu merebus selama 4-5 jam hingga matang, tergantung pada banyaknya ketupat yang direbus.

Penyimpanan Ketupat

Jika ketupat sudah matang, celupkan ke dalam air mendidih, lalu siram dengan air biasa. Tiriskan ketupat dengan cara digantung atau diangin-anginkan agar air yang ada di dalam ketupat menetes keluar. Sisa air yang ada di dalam ketupat dapat membuatnya lebih cepat basi.

Potong ketupat seperlunya saja dan simpan sisanya dalam bungkusan plastik agar selongsongnya tidak kering. Ketupat yang disimpan dalam lemari es bertahan selama 4-7 hari.

Nah ketupat sudah siap disajikan dan dinikmati oleh semua anggota keluarga. Selamat mencoba!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.