Tips Memilih Daging Ayam Segar dan Bebas Pengawet

Tips Memilih Daging Ayam Segar dan Bebas Pengawet

Hidangan berbahan utama daging ayam sering disajikan dan menjadi menu favorit keluarga. Selain tinggi nutrisi, daging ayam juga mudah didapatkan dan dapat diolah dengan berbagai cara memasak. Mulai dari direbus, dikukus, digoreng, hingga dibakar atau dipanggang.

Sayangnya, akhir-akhir ini banyak berita yang memuat info tentang pedagang-pedagang nakal yang menjual daging ayam yang tidak segar, bahkan diberi pengawet. Yuk, tetap waspada dan gunakan beberapa tips ini untuk memilih daging ayam yang masih segar dan tentunya bebas pengawet.

Lihat Warna Daging Ayam

Cara paling mudah untuk mengetahui kesegaran daging ayam adalah dengan memperhatikan warnanya. Hindari membeli ayam yang berwarna pucat, mengkilap, atau kebiru-biruan, tapi pilih yang memiliki warna putih keabu-abuan dan cenderung berwarna merah muda.

Lihat juga penampakannya, jika terlihat mengkilap dan tidak dihinggapi lalat, maka perlu diwaspadai adanya bahan pengawet yang ditambahkan pada daging ayam tersebut.

Memeriksa Tekstur Daging Ayam

Daging ayam yang kondisinya masih segar dan baik akan terasa empuk. Jika ditekan, bekasnya akan kembali seperti semula. Namun jika sebaliknya, kulit ayam saat ditekan terlihat tenggelam dan teksturnya keras, maka ayam tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

Perhatikan juga daging ayam yang terasa kenyal karena tambahan bahan pengawet yang menjaganya dari kerusakan.

Jangan Sungkan Mencium Baunya

Daging ayam yang masih segar seharusnya tidak memiliki bau yang mencolok. Hindari membeli produk yang memiliki bau busuk, yang menjadi tanda ayam telah lama terkena udara atau sentuhan tangan banyak pembeli, sehingga menjadi media tumbuhnya bakteri.

Waspadai juga bau bahan kimia yang menyengat, karena merupakan ciri-ciri ayam yang diberi formalin atau bahan berbahaya lainnya.

Lihat Kemasannya

Bagi yang tinggal di kota besar, kini sangat mudah untuk mendapatkan ayam potong dengan harga yang cukup terjangkau. Walau dijual dalam kemasan rapi di supermarket, tetap harus berhati-hati dalam membeli daging ayam tersebut. Pastikan memilih kemasan yang cukup rapat dan tidak berlubang, yang menunjukkan kesegaran dan minimnya bakteri yang dapat masuk ke dalamnya.

Memilih bahan makanan berkualitas baik tidak hanya memberikan cita rasa yang lezat, tapi juga nutrisi yang dibutuhkan. Selamat berbelanja!

http://f3y.com/7-tips-for-buying-fresh-chicken/

http://www.berkeleywellness.com/healthy-eating/food/article/how-choose-best-chicken

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.