Tips Memilih dan Menyimpan Buah Agar Tidak Mudah Busuk

Tips Memilih dan Menyimpan Buah Agar Tidak Mudah Busuk

Selain sayuran, buah-buahan juga memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan harian vitamin, mineral, dan serat. Namun, memilih buah perlu kejelian tersendiri. Kata orang, memilih buah yang berkualitas dapat dilakukan dengan cara mencium baunya, menekan, bahkan menggoyang-goyangkannya. Tapi, terkadang itu pun masih mungkin berakhir dengan mendapat buah yang mentah, hambar, atau malah hampir busuk.

Agar tidak terus berulang, gunakan tips-tips berikut ini untuk memilih sekaligus menyimpan buah agar tidak mudah busuk walau disimpan dalam waktu lama.

Apel

Ada banyak jenis apel yang dijual di pasaran, mulai dari varian lokal seperti apel malang hingga yang impor, misalnya granny smith atau red delicious. Untuk mendapatkan apel yang baik, pilih buah yang kaya warna, padat, mengilap secara alami, dan cukup berat untuk ukurannya. Jika disimpan dalam lemari pendingin, apel dapat bertahan hingga lebih dari sebulan lamanya.

Pir

Hampir sama dengan apel, pir pun memiliki beberapa jenis yang nikmat dimakan langsung atau diolah menjadi sajian manis. Pilih pir yang bebas dari bagian yang empuk, tergores, atau berlubang, tapi cari area yang empuk di bawah batang. Biasanya buah ini dipanen sebelum sepenuhnya matang, sehingga perlu menyimpannya di suhu kamar dalam kantung kertas untuk mempercepat proses pematangan, sebelum menyimpannya dalam lemari pendingin selama beberapa minggu.

Pisang

Buah yang punya banyak pilihan jenis, baik yang bisa disantap langsung atau diolah menjadi berbagai menu ini, selalu jadi favorit keluarga. Pilih pisang yang memiliki warna kuning berbintik-bintik coklat jika ingin dimakan langsung, maupun yang berwarna hijau untuk kemudian dimatangkan di rumah. Hindari menyimpan pisang dalam lemari es, karena justru membuatnya lebih cepat matang dan busuk.

Melon

Melon biasanya tersedia dalam dua varian yaitu yang berdaging hijau atau jingga. Keduanya harus memiliki aroma harum, warna kuning keemasan, dan pangkal batang yang sedikit lembut. Simpan melon yang sudah matang di dalam kulkas, sehingga dapat bertahan selama seminggu. 

Semangka

Buah dengan warna daging kuning atau merah ini hadir tersedia di pasaran dalam keadaan berbiji ataupun  tanpa biji. Untuk mendapatkan semangka yang manis dan mengandung banyak air, pilih bentuk buah yang bulat simetris, berat, terdengar nyaring saat diketuk, dan memiliki titik kuning yang didapatkan saat berada di atas tanah. Jangan lupa simpan dalam lemari es,  tapi keluarkan satu jam sebelum disajikan, untuk memberikan rasa manis yang optimal.

Semoga dengan panduan ini Anda tak lagi mengalami kesulitan dalam memilih dan menyimpan buah-buahan favorit keluarga. Konsumsi buah secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar sepanjang hari.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.