Tips Memilih, Merawat, dan Membersihkan Peralatan Plastik

Tips Memilih, Merawat, dan Membersihkan Peralatan Plastik

Peralatan makan dan dapur berbahan plastik cukup banyak diminati karena harganya relatif terjangkau, ringan, tidak mudah pecah dan desain serta warna-warninya menggoda. Alhasil perlatan plastik ini banyak digunakan, tak hanya untuk anak-anak. Bagaimana memilih, merawat dan membersihkan peralatan-peralatan  ini agar awet dan tidak menyisakan noda, minyak dan bau tak sedap? 

Memilih

  • Untuk wadah dan peralatan makan, pastikan memilih bahan plastik yang food grade atau food safe yang artinya aman dan tidak berbahaya bila bahan plastik tersebut kontak langsung dengan makanan. Cirinya antara lain: gambar sendok garpu, tulisan food grade, atau tulisan approved by FDA, di bagian bawah wadah. Jangan lupa cek dulu sebelum membeli.
  • Sebaiknya memilih produk dari produsen yang sudah terpercaya karena di pasaran juga beredar peralatan makan plastik tiruan berkualitas rendah atau bahkan bahan plastiknya tidak aman untuk makanan sehingga berbahaya untuk kesehatan. 

Merawat

  • Gunakan peralatan dan wadah plastik sesuai fungsinya. Wadah plastik sekali pakai seharusnya tidak digunakan berulang, wadah plastik yang tidak kuat panas jangan digunakan untuk menyimpan bahan yang panas.
  • Simpan wadah plastik dalam keadaan bersih dan kering agar tidak meninggalkan bau tak sedap.

Membersihkan

  • Cuka: wadah dan peralatan makan plastik yang meninggalkan sisa noda dapat dibersihkan dengan menggunakan 1 sendok makan cuka yang dicampur dengan 1 gelas air. Rendam peralatan yang bernoda dengan larutan cuka ini selama 1-2 jam, baru kemudian cuci dan bilas hingga bersih.
  • Lemon: sama seperti cuka, fungsinya dapat menghilangkan noda pada peralatan plastik.
  • Soda kue: jika sabun pencuci piring kurang efektif menghilangkan sisa minyak membandel, cobalah gunakan soda kue. Buat larutan soda kue yang dicampur dengan air hangat, kemudian rendam perlatan makan plastik di  dalamnya selama 10 menit. Kemudian cuci dan bilas hingga bersih. Soda kue juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada plastik.
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.