Tips Menghemat Air di Dapur

Tips Menghemat Air di Dapur

Jika Anda mengira bahwa mandi adalah saat yang membuang banyak air, maka sebenarnya saat beraktivitas di dapur juga boros air. Selain tagihan biaya air membengkak, juga tidak bersahabat dengan alam bukan? Karena itulah, tetap berhemat air, walau sedang bekerja di dapur.

Caranya? Anda tidak perlu melakukan hal-hal sulit. Cukup menerapkan tips dan trik ini agar bisa hemat air: 

  1. Saat membersihkan sayuran yang akan dikupas (seperti kentang, wortel, terong dan lainnya), lebih baik tampung air dalam sebuah wadah, lalu cuci dalam wadah tersebut. Ini akan lebih menghemat air daripada mencucinya langsung di bawah keran.
  2. Saat mencuci piring, pastikan air mengalir dengan kecepatan yang dibutuhkan. Misalnya, saat mencuci sendok garpu tidak perlu membuka keran terlalu besar.
  3. Pastikan saat mencuci piring, Anda membasuhnya hingga bersih hingga tidak perlu diulang dua kali hingga jadi boros air.
  4. Cuci daging atau ikan yang dibekukan saat bunga es yang menempel benar-benar telah mencair. Jika belum sepenuhnya mencair, Anda butuh air lebih banyak karena akan mencucinya berulang kali.
  5. Jangan terburu-buru mengepel seluruh lantai jika ada beberapa petak lantai yang kotor saat memasak. Anda cukup mengambil lap, basahi dengan air dan pembersih lantai, lalu usapkan. 

Ternyata cara untuk menghemat air tidak terlalu sulit diterapkan. Justru lebih menghemat waktu Anda juga.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.