Tips Menghemat Gas Elpiji

Tips Menghemat Gas Elpiji

 

Harga gas elpiji (LPG) yang terus naik membuat ibu rumah tangga pusing, terlebih gas elpiji menjadi bahan bakar utama. Nah, agar anggaran belanja dapur Anda tidak ikut-ikutan membengkak, ada baiknya Anda simak tips menghemat LPG saat memasak dari Wikihow berikut ini.

 

  1. Gunakan peralatan dengan bahan logam seperti aluminium atau stainless steel karena bahan-bahan ini merupakan penghantar panas yang baik.
  2. Pastikan tidak ada kebocoran pada regulator sehingga gas tidak terbuang dengan percuma.
  3. Nyala api jangan melewati wadah yang sedang dipanasi. Karena sisa api yang menjilat di seluruh tepi panci atau wajan akan terbuang sia-sia.
  4. Tutup panci kala merebus untuk mencegah panas terbuang dan mempercepat waktu pemanasan.
  5. Hindari juga pemanasan yang terlalu lama. Segera matikan kompor bila masakan sudah mendidih atau matang, lalu pindahkan alat masak dari atas kompor ke tempat lain untuk menghindari pemanasan yang terus menerus pada kompor.
  6. Atur nyala api sehingga warnanya biru. Jika api berwarna kuning atau kemerahan, itu menandakan beberapa hal. Salah satunya adalah kompor Anda tidak terawat sehingga gas elpiji tidak terbakar secara sempurna. Jangan lupa bersihkan kompor secara berkala.
  7. Sisa panas pada makanan dapat membantu mematangkan makanan walau telah diangkat dari sumber api. Karenanya, matikan saja api sesaat sebelum matang

 

Dengan sedikit ketelatenan untuk menerapkan hal-hal di atas, maka Anda tidak hanya menghemat anggaran dapur, tapi juga membantu mengurangi pemakaian hasil bumi yang tidak dapat terbarukan.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.