Tips Menghemat Waktu Memasak

Tips Menghemat Waktu Memasak

Menjadi wanita karir yang juga harus mengurus sendiri pekerjaan rumah tangga, bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Waktu dan tenaga menjadi masalah yang sering dihadapi. Terutama, ketika harus memasak. Aduh... terbayang sudah betapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengolah bahan-bahan tersebut. Kunci terpenting dalam menghemat waktu memasak adalah manajemen. Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan. Anda pun tidak harus selalu berjam-jam di dapur hanya untuk menyiapkan sarapan atau makan malam. Simak tips berikut ini.

  1. Siapkan resep untuk menu sebulan sekaligus dan berbelanjalah seminggu sekali untuk bahan-bahan segar.
  2. Bersihkan segera bahan-bahan yang akan dimasak. Untuk daging dan ikan sebaiknya langsung dicuci dan disimpan. Sedangkan untuk sayuran, hanya cukup disiangi dan dipotong-potong sesuai kebutuhan resep.
  3. Gunakan panci bertekanan untuk memasak daging sapi dan ayam, karena akan membuat daging lebih cepat empuk dalam waktu yang cepat.
  4. Haluskan bumbu dengan blender, karena lebih cepat dibandingkan harus mengulek atau menumbuk. Buatlah dalam jumlah yang besar sekaligus. Gunakan seperlunya, sedangkan sisanya digoreng, masukkan dalam toples dan simpan di kulkas untuk digunakan saat memasak makanan yg membutuhkan bumbu serupa.
  5. Membuat ayam goreng atau empal, bisa dilakukan dalam jumlah besar sekaligus. Setelah diungkep, dinginkan, masukkan dalam wadah bertutup rapat, lalu simpan dalam freezer.
  6. Dahulukan memasak bahan yang lebih lama matangnya, supaya Anda bisa melakukan hal lain sambil menunggu masakan matang.

Selamat mencoba!

 

Sumber:

http://www.motherearthnews.com/green-homes/saving-energy-in-the-kitchen-zmaz93amztak.aspx#axzz3G5nZiboC

http://busycooks.about.com/od/quicktips/qt/quickcooktips.htm

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.