Tips Menghindari Makan Berlebihan Saat Silaturahmi

Tips Menghindari Makan Berlebihan Saat Silaturahmi

Serunya bertemu dengan keluarga besar saat bersilaturahmi di hari Raya. Apalagi dikelilingi hidangan khas Lebaran, kue-kue, dan minuman manis warna-warni. Supaya tetap dapat menikmati makanan, ada beberapa cara untuk mencegah makan berlebihan.

Luangkan Waktu untuk Sarapan

Sebelum mengunjungi rumah keluarga atau teman-teman untuk bersilaturahmi, sempatkan untuk sarapan terlebih dahulu. Hal ini ditegaskan oleh penelitian yang diterbitkan di British Journal of Nutrition yang menemukan bahwa orang yang makan sarapan di pagi hari akan mengonsumsi lebih sedikit makanan sepanjang hari. Pilih menu makanan yang praktis, mudah dibuat, dan tidak terlalu mengenyangkan, seperti sereal dengan susu rendah lemak, atau smoothie buah dan yogurt.

Alihkan Perhatian

Banyak orang lupa tujuan sebenarnya untuk bersilaturahmi, selain untuk menikmati makanan. Psikolog asal New York, Carol Goldberg, PhD menyarankan untuk fokus pada sesuatu selain makanan, misalnya dengan mengajak bicara anggota keluarga atau ambil foto wefie bareng teman. Jauhi area makan dengan berjalan-jalan ke luar rumah untuk menikmati udara segar bersama kerabat.

Makan Lebih Lambat

Makan pelan-pelan merupakan salah satu cara paling efektif dan mudah menghindari makan berlebihan. Tidak hanya meluangkan waktu untuk menikmati apa yang dimakan, tapi juga memberikan kesempatan bagi tubuh memberikan sinyal pada otak, sebagai tanda perut sudah kenyang. Selain itu, cara ini juga membuat Anda makan lebih sedikit, sehingga membantu menjaga berat badan.

Kurangi Sajian Manis

Selain hidangan utama yang lezat, biasanya ditandai dengan hadirnya berbagai macam kudapan bercitarasa manis. Mulai dari cake, kue kering, hingga minuman segar yang mengandung gula tinggi. Ingatkan diri untuk tidak berlebihan mencicipi semua camilan tersebut, atau untuk menghormati tuan rumah, cukup cicipi sedikit dan segera berhenti.

Sertakan Protein

Memilih makanan yang akan dikonsumsi bisa mempengaruhi porsi makanmu, lho. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti di Purdue University yang menemukan fakta bahwa bahan makanan yang kaya protein lebih mengenyangkan, sehingga membantu mengontrol porsi makan. Saat dipersilakan untuk makan, lebih baik kurangi makanan kaya karbohidrat seperti nasi atau lontong, dan perbanyak porsi makanan berprotein. Pilih sajian dari putih telur, ikan, ayam tanpa kulit, hingga kacang-kacangan seperti buncis dan kedelai.

Rem kebiasaan makan sepuasnya saat berkunjung ke rumah saudara atau kerabat, agar berat badan tidak melonjak setelah Lebaran.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.