Tips Mengontrol Berat Badan Usai Liburan

Tips Mengontrol Berat Badan Usai Liburan

Berkutat dengan pekerjaan setiap hari memang mudah mendatangkan stres dan lelah. Untuk itulah diperlukan hiburan yang dapat membantu menenangkan pikiran kembali. Biasanya, waktu liburan dipilih sebagai salah satu momen yang pas untuk mencari hiburan. Tidak ketinggalan, acara makan-makan enak pun turut diselipkan.

Namun, kenikmatan melakoni liburan kadang berujung pada kebablasan. Akibatnya, usai liburan kenaikan berat badan pun tak bisa dihindarkan. Nah, agar berat badan tetap terkontrol usai liburan, berikut tips pintarnya.

Seleksi Makanan Saat Sarapan

Hawa liburan masih terasa, namun tidak harus terus-terusan makan berlebihan. Mulai kontrol berat badan pascaliburan dengan mengatur pola makan saat sarapan. Menurut Christiane Bransford, MS, RD, ahli gizi asal Chicago, penuhi sarapan sehat usai liburan dengan makanan sumber protein seperti telur, ikan, daging dan ayam; serta serat yang bisa diperoleh dari buah dan sayuran. Kedua nutrisi ini dapat menyuplai energi dalam tubuh dan mencegah rasa lapar berlebihan.

Buah Berair sebagai Camilan Sehat

Ganti camilan yang berlemak dan kurang sehat dengan buah-buahan yang mengandung air, seperti melon dan semangka. Selain menyegarkan, jenis buah-buahan ini mengandung serat yang berlimpah. Manfaatnya, selain dapat menjaga kesehatan saluran cerna, juga dapat menahan rasa lapar. Dengan begitu, keinginan untuk ngemil dapat ditahan.

Makan Tepat Waktu

Selain sarapan, makan tepat waktu juga penting dilakukan guna menjaga nafsu makan agar tak sampai berlebihan. Jika tiba waktu makan siang maupun malam, segeralah makan, jangan ditunda-tunda. Pilihlah menu makan sehat dan bergizi seimbang. Misalnya, menyertakan sayuran dan buah-buahan untuk melengkapi lauk-pauk sumber protein dan juga nasi sebagai karbohidrat. Minimalkan sajian gorengan, agar tak memupuk kolesterol dan lemak trans secara berkelanjutan.

Olahraga dan Istirahat Cukup

Selain mengatur pola makan, gaya hidup sehat sehabis liburan juga perlu diimbangi dengan olahraga dan istirahat cukup. Olahraga berfungsi membakar kalori dan mengubah lemak yang tertimbun saat liburan agar kembali menjadi otot pembentuk tubuh. Sementara, istirahat cukup dapat menjaga metabolisme tubuh. Jika keduanya bisa dilakukan secara seimbang, berat badan pun dapat kembali normal.

Tak perlu ditunda-tunda lagi, segera dapatkan berat badan ideal pasca liburan dengan tips-tips tersebut. Semoga berhasil!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.