Tips Menjaga Berat Badan Usai Pesta Makanan

Tips Menjaga Berat Badan Usai Pesta Makanan

Beragam jenis makanan yang disajikan di dalam pesta memang sering membuat lidah tak sabar untuk menyantapnya. Namun, melahap sembarang jenis kudapan juga dapat membuat berat badan melambung. Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk penampilan, terlebih buat kesehatan. Sejatinya, menikmati adalah perkara yang sah-sah saja, tetapi akan lebih baik bila diimbangi dengan program diet yang tepat, sehingga bisa menjaga tubuh tetap ideal.

Menurut Dr. Andrew Brewster, General Principle di Reading, menyatakan bahwa kombinasi dari program diet dan aktivitas yang tepat akan membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Secara lengkap, berikut ulasan tips menariknya!

Konsumsi Makanan Rendah Kalori

Di antara langkah awal menjalankan program diet sehat, yaitu memulai konsumsi makanan yang lebih rendah kalori. Jika sebagian besar orang mengenal sumber karbohidrat utama adalah nasi, maka mulailah dengan mengganti sumber karbohidrat yang lebih rendah kalori namun bergizi tinggi.

Oatmeal, kentang, beras merah dan roti gandum merupakan beberapa contoh karbohidrat yang baik untuk program diet. Selain rendah kalori, makanan tersebut kaya serat, sehingga tetap membuat perut kenyang walau tidak mengonsumsi dalam jumlah besar. Buah-buahan dan sayuran juga contoh lain makanan rendah kalori namun kaya gizi yang bisa dinikmati setiap hari.

Berolahraga

Selain menyantap sajian rendah kalori, jadwalkan olahraga secara rutin. Kegiatan tersebut tidak hanya dapat meluruhkan lemak. Namun, juga membuat bentuk tubuh menjadi proporsional. Badan juga terasa lebih segar dan tidak mudah merasa lelah. Dengan stamina yang prima, Anda pun bisa beraktivitas secara optimal. Di sisi lain, rutin berolahraga juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Perbanyak Sayur dan Buah

Tingginya serat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Di dalam tubuh, serat pangan (inulin) dapat menguraikan lemak dan memproses karbohidrat menjadi energi. Serat pangan juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, sehingga berat badan ideal dan tubuh yang sehat benar-benar bisa didapatkan. Sayur dan buah-buahan juga kaya antioksidan, yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Disiplin dan Tegas

Usaha Anda akan sia-sia saja jika tidak dibarengi dengan disiplin. Agar tidak melewatkan satu aktivitas, buatlah daftar kegiatan dan menu harian. Selain itu, tentukan pula target berat badan dalam kurun waktu tertentu. Hal tersebut akan memacu semangat untuk mendapatkan berat badan proporsional.

Banyaknya sajian makanan saat pesta tentu membuat siapa saja tertarik untuk mencicipinya. Sayangnya, hal tersebut dapat membuat berat badan menjadi melonjak. Agar berat badan tetap ideal, beberapa tips tersebut dapat mulai diterapkan. Let’s create healthy lifestyle!(kln/kki/it)

 

 

Sources: http://fitness.mercola.com/sites/fitness/archive/2011/01/22/should-i-eat-anything-after-dinner-if-i-want-to-lose-weight.aspx

http://www.nhs.uk/Livewell/loseweight/Pages/keep-weight-off.aspx

http://patient.info/health/weight-reduction-how-to-lose-weight

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.