Tips Menyiapkan Sarapan Sehat untuk Si Kecil

Tips Menyiapkan Sarapan Sehat untuk Si Kecil

Sarapan termasuk hal yang tak boleh dilewatkan setiap pagi karena memberikan energi yang dibutuhkan untuk menghadapi hari yang sibuk. Anak-anak yang makan sehat di pagi hari akan kenyang lebih lama, sehingga mereka dapat berkonsentrasi pada kegiatan bermain, belajar, dan memecahkan masalah.

Tidak harus repot dan menghabiskan banyak waktu di dapur. Ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan, seperti yang berikut ini:

Sertakan Buah-Buahan

Buah-buahan memiliki rasa manis alami yang disukai si kecil. Daripada hanya menyajikannya di atas piring, ubah jadi smoothie bowl sebagai alternatif sarapan sehat dan praktis. Dengan blender, haluskan secara bersamaan buah berry (boleh pilih stroberi atau  raspberry), pisang, yoghurt, chia seed, dan susu. Sajikan dalam mangkuk dengan tambahan taburan granola, kacang-kacangan, maupun buahpotongan.

Semangkuk smoothie memberikan 209 kalori dan 8 gram serat yang cukup memberikan energi dalam menjalani kegiatan di pagi hari. Selain itu, kadar lemaknya yang rendah mencegah risiko terjadinya obesitas, yang kini mulai banyak diderita anak-anak.

Sarapan Sehat dan Praktis

Kebanyakan anak-anak melewatkan sarapan karena malas duduk berlama-lama di meja makan. Coba buatkan egg sandwich yang lezat, praktis, dan dapat dimakan selagi dalam perjalanan menuju sekolah. Cukup buat telur dadar dengan tambahan bumbu, garam, dan merica bubuk hingga matang. Lalu apit dengan English muffin yang dipanggang sebentar, keju lembaran, dan irisan tomat.

Menurut situs womansday.com, kombinasi telur dan keju mampu memenuhi kebutuhan protein si kecil. Kandungan 18 gram protein dalam seporsi sandwich ini membuat si kecil kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari keinginan mengudap makanan ringan yang tinggi gula atau kalori.

Menu Kaya Serat

Tingkatkan selera makan di pagi hari dengan menyajikan sarapan yang terbuat dari oatmeal dan buah-buahan. Cukup masak bersama susu, apel potongan, dan kismis. Lalu, taburi dengan kacang pecan cincang, brown sugar, dan kayu manis bubuk sebagai penambah aroma.

Sajikan Sarapan Semenarik Mungkin

Daripada menyajikan sarapan yang itu-itu saja, sesekali sisipkan makanan favoritnya, seperti pancake yang dapat dibuat dengan waktu singkat. Selain tambahan madu atau sirup maple, si kecil juga dapat mengoleskan selai kesukaannya, seperti selai kacang.

Selai kacang tidak hanya mengandung lemak sehat, tapi juga mengandung antioksidan, magnesium untuk kesehatan tulang, dan vitamin B6 untuk kekebalan tubuh. Bahkan Journal of the American Medical Association menyarankan menyantap selai kacang untuk menurunkan risiko penyakit diabetes sebanyak 30%.

Selain menggunakan tips di atas, berikan contoh pada si kecil dengan selalu menyantap sarapan sehat sebelum memulai aktivitas hari ini.

http://www.prevention.com/food/smart-shopping/healthy-eating-why-peanut-butter-good-you

http://www.womansday.com/food-recipes/food-drinks/recipes/a11016/pbj-banana-pancakes-recipe-wdy0113/

http://www.womansday.com/food-recipes/food-drinks/recipes/a11552/oatmeal-apples-pecans-cinnamon-recipe-122828/

http://www.womansday.com/food-recipes/food-drinks/recipes/a53590/egg-sandwich/

http://www.womansday.com/food-recipes/food-drinks/recipes/a53598/smoothie-bowls/

http://raisingchildren.net.au/articles/eating_breakfast.html   

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.