Tips Menyimpan Keju di Kulkas

Tips Menyimpan Keju di Kulkas

Keju dikenal sebagai salah jenis makanan yang paling digemari karena rasanya yang gurih dan lezat. Sedangkan karena teksturnya lembut memang jadi sulit rasanya memisahkan keju dalam berbagai hidangan. Terlebih, karena taburan atau campuran keju, sajian yang mulanya biasa-biasa saja dapat berubah menjadi istimewa. Meski begitu, hanya keju berkualitas dan segarlah yang memiliki rasa sempurna.

Proses penyimpanan yang kurang tepat, ternyata juga mampu membuat kualitas dan kesegaan keju menjadi berkurang. Supaya dapat menikmati keju berkualitas ini setiap hari, yuk simak tips menyimpan keju di kulkas berikut.

Jangan Dibungkus Dalam Plastik

Jika berniat membungkus keju dengan plastik sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, maka urungkan saja. Sebagian besar komponen yang terkandung dalam keju adalah minyak dan lemak. Kedua zat ini akan membaur dengan plastik selama di dalam kulkas. Imbasnya, saat keju tersebut hendak digunakan kembali, rasanya tidak lagi segar karena terpengaruh aroma plastik.

Pilih Pembungkus Khusus Keju

Sebagai ganti dari pembungkus plastik yang kurang baik, gunakan kertas khusus yang biasa digunakan untuk membungkus keju. Kertas pembungkus ini dibuat berpori, sehingga tidak menghalangi sirkulasi udara, sekaligus menjaga keju tetap segar selama disimpan dalam kulkas.

Bungkus Secara Tepat

Setelah menemukan pembungkus yang tepat, lakukan proses pembungkusan secara benar. Jangan membungkus keju terlalu rapat atau sebaliknya terlalu longgar. Keju menghasilkan amonia yang menyebabkan aroma asam. Jika sirkulasi udara dalam pembungkus tidak lancar, kesegaran dan kualitas keju dapat berkurang. Bahkan, aroma dan rasa keju bisa menjadi asam karena terpengaruh amonia.

Ganti Kertas Baru Setiap Dibuka

Jika menggunakan kertas pembungkus keju, maka gantilah setiap kali membuka keju yang diambil dari kulkas. Kertas yang digunakan bisa jadi sudah tidak mampu membuat sirkulasi udara dalam pembungkus bisa berjalan lancar. Belum lagi, kemungkinan kertas pembungkus terkena amonia, sehingga mengganti kertas pembungkus yang baru adalah pilihan tepat untuk mempertahankan kesegaran dan kualitas keju.

Begitu disayangkan bila keju yang sudah dibeli bahkan dengan harga yang tidak murah, ternyata tidak nikmat lagi disajikan, hanya gara-gara proses penyimpanan yang kurang benar. Demi kualitas dan kesegaran keju, jangan lagi menyimpan keju di kulkas sembarangan, ya. (kln/it)

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.