Tips Menyimpan Makanan Sisa untuk Persiapan Sahur

Tips Menyimpan Makanan Sisa untuk Persiapan Sahur

Berbukalah dengan makanan secukupnya. Tapi, jika ada sisa makanan berbuka, simpan untuk persiapan sahur. Supaya makanan masih tetap enak disajikan saat waktu sahur, berikut tips jitu menyimpan makanan sisa di kulkas yang bisa dicoba.

Segera Simpan di Kulkas

Dilansir dari Partnership for Food Safety Education, makanan yang terlalu lama berada di suhu kamar dapat menumbuhkan bakteri. Segera masukkan makanan yang tidak habis sekali makan saat berbuka ke dalam kulkas untuk mencegahnya tumbuhnya bakteri. Pastikan tidak menyimpan makanan dalam kondisi panas karena dapat menyebabkan suhu di dalam kulkas meningkat.

Pisahkan Menurut Bahan Makanan

Tidak semua masakan dapat disimpan dengan baik di bagian freezer dalam lemari pendingin. Beberapa jenis masakan cukup disimpan di bagian chiller untuk menjaga keawetannya. Rendang misalnya, lebih baik disimpan dalam freezer, sementara tahu dan tempe bacem atau lauk gorengan cukup disimpan dalam chiller.

Simpan dengan Baik

Agar makanan tidak bercampur bau dengan makanan lainnya, simpan makanan sisa dengan cara yang tepat. Jika menyimpan langsung dengan piring saji, bungkus dulu memakai plastik wrap agar citarasanya tidak berkurang.  Lebih baik lagi jika makanan disimpan dalam kotak-kotak penyimpanan yang melindunginya dari kemungkinan tercemar bakteri lain di dalam kulkas. Jika makanan sisa disimpan dalam kantung plastik, keluarkan dulu sisa udara di dalam kantung sebelum ditutup.

Dengan penyimpanan yang tepat, makanan sisa buka dapat dihidangkan kembali untuk santapan sahur keesokan harinya.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.