Trik Hemat Belanja Daging

Trik Hemat Belanja Daging

Sebagai sumber protein, konsumsi daging memang tidak bisa dihilangkan begitu saja dalam menu sehari-hari. Apalagi hampir sebagian besar lauk-pauk didominasi sumber pangan hewani, tidak terkecuali daging merah.

Di sisi lain, harga daging yang tidak murah membuat sebagian orang harus berpikir-pikir dulu sebelum membelinya, apalagi dalam jumlah besar. Supaya tetap bisa menyantap hidangan olahan dari daging dengan belanja lebih hemat, trik berikut ini bisa coba diaplikasikan.

Jangan Ketinggalan Diskon

Kehadiran diskon sangat membantu untuk penghematan belanja daging. Ikuti perkembangan diskon, termasuk di supermarket dekat rumah. Jika beruntung, dagang yang dibeli bahkan bisa dapat harga lebih murah daripada yang dijual tukang daginglangganan.

Beralih ke Bagian Daging yang Lebih Murah

Mayoritas harga daging sapi lebih mahal dibandingkan harga daging lainnya. Utamanya bagian has dalam. Jika ingin lebih hemat, pilihlah bagian daging sandung lamur atau panggul. Bagian tersebut biasanya relatif lebih terjangkau.

Pilih Daging Cincang

Jika tujuan membeli daging sekadar untuk campuran tumisan, daging cincang dapat menjadi pilihan. Selain harganya lebih murah, daging cincang juga lebih banyak gunanya. Untuk campuran saus spaghetti, misalnya.

Beli Daging Secukupnya

Sebaliknya jika kurang begitu suka daging cincang, beli saja daging secukupnya. Hal ini dapat menekan biaya belanja daging. Sementara jika ingin memasak semur, bisa disiasati dengan memperbanyak kentang. Sedangkan, bila ingin membuat sup daging, bisa diakali dengan menambah banyak sayur. Setidaknya, adanya daging cukup untuk menguarkan aroma kaldu daging sapi.

Beralih ke Daging Putih

Daging merah, seperti daging sapi memang lebih banyak penggemarnya. Namun, bukan berarti daging putih, seperti daging ayam atau ikan tidak bergizi. Cobalah beralih ke daging ayam saat daging sapi mahal. Pilih bagian paha dan kaki bila ingin mendapatkan kaldu ayam yang banyak. Bagian paha lebih banyak lemak dan gurih. Sementara bagian dada cocok dikonsumsi bila sedang menjalani diet rendah lemak.

Manfaat trik tersebut untuk belanja daging secara tepat. Dengan begitu, tak ada alasan berhenti makan daging saat harganya mahal.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.